Warga Kurang Mampu di Kendal Antre PSKS

Kamis, 16 April 2015 - 11:37 WIB
Warga Kurang Mampu di Kendal Antre PSKS
Warga Kurang Mampu di Kendal Antre PSKS
A A A
KENDAL - Warga kurang mampu di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, harus menunggu dua jam untuk bisa mengambil dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di kantor pos setempat.

Warga yang tidak tahu jadwal pengambilan, bahkan ada yang datang lebih awal. Padahal, mesti menunggu giliran warga dari desa lain yang juga ingin mengambil PSKS.

Hari ini, ada dua desa yang dijadwalkan mengambil PSKS. Terdiri dari Desa Kedungsuren, dan Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Para warga yang tidak mengetahui jadwal pengambilan dana, datang sejak pagi, dan menunggu di depan Kantor Pos Kaliwungu selama berjam-jam. Berharap cepat dilayani, mereka malah tidak dipedulikan.

Lantaran, jadwal pembagian untuk mereka baru akan dilakukan siang. Sedang pagi hari, pengambilan dana untuk warga desa tetangga.

Sambil menunggu antrean mengambil dana PSKS, sebagian warga memilih duduk-duduk bersama anak-anaknya. Ada juga yang membeli makanan, dan mainan anak-anak.

Menurut warga, jadwal dari Dinas Sosial Kendal, untuk mengambil dana tersebut setelah jam 11 siang. Namun, karena lokasi desanya jauh dari kantor pos, sekitar 15 kilometer, warga ini datang lebih pagi.

Turyati, salah satu warga mengatakan, dana bantuan ini akan digunakan untuk membayar sekolah dan membeli perlengkapannya. Diakuinya, saat digulirkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), dirinya sudah mendapat.

Saat ini, ketika dilakukan pendataan PSKS, dirinya kembali didata dan menerima bantuan. Saat proses pembagian dana dilakukan, petugas sempat kewalahan melayani warga yang mau mengantre.

Begitu juga saat pengambilan, banyak warga penerima yang diwakilkan oleh saudaranya, tanpa membawa surat kuasa atau surat keterangan dari desa setempat.

Sementara itu, petugas Dinas Sosial Kendal, Hakim mengatakan, setiap hari ada dua desa yang dilayani. Pembagian jadwal ini dilakukan agar tidak terjadi antrean panjang, dan saling berebut saat pengambilan.

Pihak dinsos sendiri sebenarnya sudah memberikan pengertian kepada warga yang akan mengambil agar melihat jadwal, sehingga tidak menunggu lama di kantor pos.

Selain itu, jika tidak bisa mengambil pada jadwal yang sudah ditentukan, warga penerima PSKS ini bisa mengambil langsung di kantor pos setempat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9184 seconds (0.1#10.140)
pixels