Delapan Lesser Flamingo Tambah Koleksi GL Zoo

Kamis, 16 April 2015 - 09:20 WIB
Delapan Lesser Flamingo...
Delapan Lesser Flamingo Tambah Koleksi GL Zoo
A A A
YOGYAKARTA - Koleksi burung di Taman Burung Gembira Loka Zoo bertambah setelah pengelola mendatangkan koleksi baru berupa delapan burung flamingo.

Kedelapan ekor burung jenis lesser flamingo (Phoenicopterus minor) ini didatangkan dari Tanzania. Kepala Bidang Perawatan Satwa GL Zoo Miftah Nur Khasan mengungkapkan, kedelapan ekor flamingo sudah mulai didisplay sejak Selasa (14/4) lalu setelan menjalani proses karantina selama dua pekan. Ini dilakukan untuk penyesuaian pakan dan lingkungan yang baru.

Kehadiran delapan ekor burung berkaki panjang dengan warna bulu putih bercampur merah muda ini menambah koleksi taman burung di kebun binatang setempat. Burung flamingo ini dikandangkan di samping kiri pintu masuk taman burung. “Tempat itu sebelumnya digunakan burung pelikan. Burung pelikan selanjutnya dikembalikan ke kandang semula di barat Mayang Tirto,” kata Miftah, kemarin siang.

Sementara itu, Drh Bertha yang mengurusi kesehatan satwa di kebun binatang ini menjelaskan, pakan yang disediakan bagi burung impor ini merupakan campuran antara BR, pur, wortel, daging lele, dan udang. “Campuran pakan itu diblender dulu, baru diberikan pada flamingo,” katanya.

Sedangkan kandang yang disediakan dibuat menyerupai aslinya di rawa-rawa yang becek. Kedalaman air ada yang dangkal untuk jalan dan agak dalam untuk flamingo membasahi badannya. Umur burung flamingo yang menjadi koleksi baru GL Zoo masih muda, rata-rata di bawah satu tahun.

Terpisah, Manager Marketing dan Pengembangan GL Zoo, Josep Kurniawan menambahkan, dengan hadirnya flamingo ini berarti kini di taman burung dihuni 570 ekor terdiri dari 112 jenis burung, termasuk penguin yang jadi primadona. “Kalau keseluruhan di kebun binatang ini mengoleksi 1.764 satwa,” tandasnya.

Sodik
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0802 seconds (0.1#10.140)