2016, Medan Jadi Kota Pramuka

Jum'at, 10 April 2015 - 10:43 WIB
2016, Medan Jadi Kota Pramuka
2016, Medan Jadi Kota Pramuka
A A A
MEDAN - Pramuka adalah garda terdepan dalam melahirkan generasi penerus yang tangguh dan andal. Pentingnya peran pramuka ini menjadi sebuah dorongan untuk mewujudkan Kota Medan menjadi Kota Pramuka pada 2016.

Hal itu disampaikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan, M Huni, seusai menjadi pembina upacara dalam pembukaan Jambore Kwartir Pramuka Medan Petisah di eks lokasi Taman Ria, Jalan Gatot Subroto, Medan, Kamis (9/4) petang. Untuk mewujudkan ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini menjadi Kota Pramuka, Husni mengatakan, telah dimulai dari sekarang.

Salah satu caranya dengan memarakkan kembali kegiatan kepramukaan di tiap sekolah, kelurahan, kecamatan, sampai kota. “Alhamdulillah, gerakan menyemarakkan kembali eksistensi pramuka telah menunjukkan hasil. Hampir seluruh kecamatan di Medan telah menggelar jambore. Sekarang, pramuka di kawasan Kecamatan Medan Petisah yang sudah lama tidak terdengar, kembali lagi berkiprah dalam membina mental, akhlak, dan karakter para generasi muda,” ungkap Husni.

Menurut Husni, keberadaan pramuka sangat penting sebagai pelopor pembinaan karakter generasi muda. Apalagi belakangan ini gerakan pramuka di Kota Medan sempat vakum. Di Kecamatan Medan Petisah saja, gerakan pramuka sudah vakum selama sepuluh tahun.

Pria yang menjabat sebagai Kadispenda Kota Medan ini menyambut baik digelarnya jambore ranting pramuka di Kecamatan Medan Petisah. Artinya, gerakan pramuka mulai bergeliat kembali di Kecamatan Medan Petisah. Selain Medan Petisah, gerakan pramuka kecamatan- kecamatan lainnya juga mulai aktif.

“Setelah melihat gerakan pramuka di masingmasing kecamatan mulai aktif kembali, saya mencoba mencanangkan menjadikan Medan sebagai Kota Pramuka. Intinya, jika pramuka sudah aktif dan hidup kembali, akan terbentuk generasi muda yang tangguh, andal, berkarakter, serta memiliki daya saing,” ungkapnya.

Selain itu, kata Husni, pencanangan ini sebagai salah satu motivasi untuk menggerakkan kembali pramuka di Kota Medan, mulai dari tingkat sekolah, kelurahan, kecamatan, sampai kota (cabang). Kemudian dia ingin masing-masing kecamatan memiliki ikon yang bisa ditonjolkan dalam kegiatan kepramukaan.

Sebagai contoh, ungkap Husni, Kecamatan Medan Area banyak memiliki home industry. Tentunya, gerakan pramuka yang ditonjolkan harus yang menjadi ikon kecamatan. Untuk itu kwartib cabang siap membantu memfasilitasinya.

Ketika memberi pengarahan saat upacara pembukaan, Husni mengajak seluruh anggota pramuka di kawasan Medan Petisah memanfaatkan jambore yang berlangsung sampai 11 April 2015 ini untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

“Dalam Jambore ini juga adik-adik menerapkan pelajaran yang diperoleh di gudep masing- masing. Ini merupakan ajang untuk membuktikan sejauh kalian menangkap nilai-nilai positif yang ditanamkan gerakan pramuka,” ucap Husni.

Di akhir sambutannya, Husni menyebutkan, ajang ini hendaknya semakin mempererat kebersamaan antaranggota pramuka di Kota Medan. Dengan kebersamaan dan komitmen yang kuat, perjuangan menjadikan Medan Kota Pramuka akan mudah terwujud.

Lia anggia nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6226 seconds (0.1#10.140)