Jembatan Sungai Cimuntur Terancam Putus

Rabu, 08 April 2015 - 11:05 WIB
Jembatan Sungai Cimuntur Terancam Putus
Jembatan Sungai Cimuntur Terancam Putus
A A A
CIAMIS - Jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Cimuntur, Blok Karangpaningan, Dusun Lintungpaku, Desa Karang Pawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terancam putus. Sebab, tanggul penyangga fondasi di ujung jembatan gantung mengalami longsor.

Mustopa (62), warga setempat mengatakan, akibat longsornya fondasi tersebut, warga setempat mengikatnya dengan tali kawat penyangga ke pohon aren yang berada di atas tebing fondasi yang longsor.

"Jembatan yang terbuat dari anyaman bambu dengan panjang 100 meter dan lebar 100 sentimeter ini biasa digunakan warga Desa Karang Pawitan Kecamatan Kawali sebagai akses jalan menuju Desa Cintanagara, Kecamatan Jatinagara," kata Mustopa, Rabu (8/4/2015).

Dengan kondisi jembatan yang sangat memprihatinkan itu, banyak warga yang hendak melintas mengurungkan niatnya karena takut jembatan putus saat mereka ada di tengah-tengah.

Sarino (63), warga lainnya, mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan musyawarah bersama aparat desa setempat untuk membangun jembatan tersebut, namun terkendala masalah biaya.

"Jembatan gantung itu dibuat tahun 1988 secara swadaya oleh masyarakat. Dengan terjadinya longsor pada fondasi penyangga jembatan tersebut disinyalir tidak akan kuat bertahan lama," kata Sarino.

Sarino menambahkan, jembatan ini kerap dijadikan alat kampanye politisi setiap momentum politik. Politisi itu kerap berjanji membangun jembatan tersebut.

"Kami kecewa kepada beberapa politisi yang sudah jadi, karena hanya menggunakan kesempatan berkampanye dengan dalih akan membangun jembatan ini, namun setelah mereka jadi tidak ada realisasinya," tambah Sarino.

Sarino berharap pemerintah daerah segera memberikan bantuan untuk perbaikan jembatan tersebut, karena warga sangat membutuhkannya untuk melakukan aktivitas dan sebagai akses jalan penghubung desa dan kecamatan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2246 seconds (0.1#10.140)