Kebocoran Pindul Sulit Diatasi

Selasa, 07 April 2015 - 10:58 WIB
Kebocoran Pindul Sulit Diatasi
Kebocoran Pindul Sulit Diatasi
A A A
GUNUNGKIDUL - Upaya Pemkab Gunungkidul melakukan penertiban retribusi masuk Gua Pindul terus dilakukan. Namun, kebocoran masih saja terjadi dan membuatpara petugasseringkali kewalahan mengatasinya.

Dari pantauan KORAN SINDO YOGYA di sekitar lokasi TPR yang berada tepat di pojok Balai Desa Bejiharjo, Karangmojo, masih saja terlihat wisatawan yang nekat tidak mau membayar retribusi. Petugas pun tidak kuasa dan hanya mempersilakan kendaraan masuk keobjek wisata gua andalan Gunungkidul tersebut.

Seringnya pos retribusi digeruduk massa yang mengaku pengelola, menjadikan para petugas yang awalnya berusaha tegas menjadi melunak lantaran takut terjadi konflik. Bahkan, petugas menyembunyikanketakutannya dengan berdalih ratusan mobil milik warga Bejiharjo belum balik namasehingganomorpolisiyang digunakan masih nopol luar kota.

”Yang banyak lewat tadi kebanyakan milik warga Bejiharjo, jadi tidak kami tarik,” kata Wasiyanto, petugas retribusi. Menurutnya, pihaknyasudah berusaha maksimal guna menarik retribusi. Pasca-pertemuan antara pemerintah desa bersama Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan yang dilakukan Minggu (29/3), pemerintah desa tidak jadi menyerahkan retribusi kepemkab.

Pemerintah desa kembali diminta untuk menarik retribusi. Sementara, Ketua Pokdarwis Dewabejo Bagyo menjelaskan, sebenarnya para pengelola tidak keberatan dengan retribusi. Hanya saja dibutuhkan sebuah ketegasan aturan mengenai pengelolaan kawasan Gua Pindul. ”Saat ini, ada dua aturan mengenai objek wisata alam ini, mosok berkaitan dengan retribusi dijalankan tegas sedangkan yang berkaitan denganpokdarwistidakadaketegasan,” ucapnya.

Suharjono
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5333 seconds (0.1#10.140)