Stakeholder Kesehatan Ramaikan Car Free Day

Senin, 06 April 2015 - 10:32 WIB
Stakeholder Kesehatan Ramaikan Car Free Day
Stakeholder Kesehatan Ramaikan Car Free Day
A A A
MEDAN - Car Free Day pada pekan pertama Aprildiramaikan oleh stakeholder kesehatan di Medan, seperti RS Columbia Asia juga Kimia Farma, di ruas Jalan Sudirman Medan, Minggu (5/4).

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi peluang kepada para stakeholder untuk bergabung sekaligus memeriahkannya. Kegiatan car free day kali ini terdiri dari dari sepeda santai, senam kesegaran jasmani, bazar sejumlah UMKM, dan lomba mewarnai dan melukis bertema lingkungan hidup tingkat TK dan SD. Selain itu juga digelar Taman Lalulintas Ceria dan kegiatan donor darah oleh PMI Kota Medan.

Dalam kegiatan bersepeda santai terlihat Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, Operation Manager RS Columbia Asia, Deasy Mochtar, Chief Medical service, dr Adlin Adnan, Area Manager Sumbagut Kimia Farma, Iswanto, para pimpinan SKPD jajaran Pemko Medan, komunitas sepeda, serta masyarakat lainnya. Adapun rute untuk sepeda santai, start dimulai dari Jalan Sudirman masuk Jalan Dipenogoro memutar Lapangan Benteng, masuk Jalan Imam Bonjol, lalu menuju kawasan Polonia, Avros Jalan Brigjen Katamso, kembali ke Jalan Sudirman dan finish di depan rumah dinas Wali Kota Medan.

Pihak Kimia Farma dalam car free day kali ini mengusung tema “Sehat bersama Kimia Farma” terlihat memberikan edukasi tentang kesehatan dan menampilkan produk obat-obatan. Sedangkan RS Columbia Asia Medan membuka konter pelayanan pemeriksaan gula darah dan cek lemak darah secara gratis. Selain itu, juga memberikan diskon 25% untuk pemeriksaan gula darah dan 20% untuk pemeriksaan fisioterapi tulang di RS Columbia Asia Medan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Abdul Azis mengatakan, Menteri dalam Negeri (Mendagri) telah mengeluarkan surat agar seluruh kabupaten/kota di Indonesia harus melaksanakan kegiatan car free day, sebagai salah satu bentuk upaya untuk pengendalian polusi perkotaan. Azis menuturkan, car free day sekaligus mengajak masyarakat untuk berolah raga sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini juga memberi peluang bagi UMKM untuk mempromosikan produknya. “Di sisi lain, kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan edukasi terhadap anak melalaui lomba lukis dan mewarnai bertema lingkungan, serta tertib lalu lintas melalui taman lalu lintas ceria,” pungkasnya.

lia anggia nasution
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5783 seconds (0.1#10.140)