Pemkab -TNI Gagas Tanam Padi Bersama

Senin, 06 April 2015 - 10:15 WIB
Pemkab -TNI Gagas Tanam Padi Bersama
Pemkab -TNI Gagas Tanam Padi Bersama
A A A
PERBAUNGAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdangbedagai-Kodim 0204/DS mencanangkan penanaman padi serempak untuk musim tanam 2015, sehingga produksi panen yang dihasilkan akan lebih maksimal.

“Serdangbedagai sebagai salah satu daerah lumbung beras, harus terus kita pertahankan,” kata Bupati Serdangbedagai, Soekirman, di Perbaungan, akhir pekan lalu. Dia mengatakan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman telah menandatangani kesepakatan dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo pada 8 Januari 2015. Isi kesepakatan itu yakni kerja sama dalam program pembangunan pertanian dengan menyinergikan potensi, tugas, kewenangan, dan program masing-masing institusi.

Penandatanganan tersebut dilanjutkan di tingkat daerah mulai dari provinsi hingga kabupaten/ kota. Termasuk di Kabupaten Sergai, Bupati Soekirman dengan Dandim 0204/DS Letkol Inf Hanryan Indrawiran melakukan hal serupa yang dilaksanakan di persawahan Kelompok Tani Taruna Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan, Kamis (2/4) lalu.

Kerja sama itu berisi memberikan pendampingan kepada petani, nelayan pembudi daya ikan, pembudidayaan ternak, dan pelaksanaan kegiatan serta program pembangunan lingkup pertanian dan pangan lainnya. “Pemkab Sergai bersama Dandim 0204 DS juga telah melaksanakan pencanangan gerakan penanaman padi sawah musim tanam 2015,” katanya. Dia mengatakan, Kabupaten Sergai merupakan salah satu lumbung beras di Sumut, dan produksi beras di daerah itu dari tahun ke tahun juga terus meningkat.

“Upaya peningkatan produksi padi dalam rangka mempertahankan swasembada beras dan peningkatan ketahanan pangan dilakukan melalui perluasan areal tanam dan peningkatan produktivitas. Petani merupakan investor terbesar di Kabupaten Sergai, untuk itu kita semua wajib melindungi petani sebagai pahlawan pembangunan,” katanya.

Dia menyatakan, ditandatanganinya kesepakatan dengan Pemkab Sergai bertujuan memberikan kontribusi nyata terhadap produksi dan penyediaan bahan pangan yang ada di Sergai. “Selanjutnya untuk menyinergikan fungsi dan tugas Pemkab Sergai dengan Kodim 0204/- DS yang selalu memaksimalkan pelaksanaan pembangunan pertanian dan pangan,” katanya. Sementara Danrem 022/- Pantai Timur, Kolonel Broto Guncahyo, mengatakan, urusan menjaga NKRI tidak hanya mengantisipasi ancaman keamanan dari luar saja, namun juga dari dalam.

Salah satunya menjaga ketahanan pangan. Karena itu, seluruh personil TNI AD yang tergabung di 022/ Pantai Timur siap mendukung pencanangan swasembada pangan sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang ada di daerah ini.

Erdian wirajaya/ vitrianda siregar.ant
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8073 seconds (0.1#10.140)