The Jupiters Kembali Berlatih

Rabu, 01 April 2015 - 10:15 WIB
The Jupiters Kembali Berlatih
The Jupiters Kembali Berlatih
A A A
SLEMAN - Tim Aerobatic TNI AU The Jupiter yang gagal tampil di Langkawi International Ma ritime and Aerospace (LIMA) Exhibition di Lang kawai Malaysia, 17–21 Maret lalu, dipastikan akan tampil kembali. Kali ini dalam HUT TNI AU di Halim Perdana Kusuma, Jakar ta, 9 April mendatang.

Sebagai persiapan, kemarin, The Jupiters melakukan latihan awal un tuk kegiatan tersebut di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Kepala penerangan dan perpustakaan (Kapentak) Lanud Adi sutjipto Yogyakarta Mayos Sus Hamdi Londong Allo menga takan, ini merupakan latihan perdana The Jupiters, baik pasca-kejadian di Langkawai mau pun untuk persiapan tampil dalam HUT TNI AU 9 April mendatang.

Latihan ini, selain un tuk menyinkronkan gerakan, juga untuk penyesuaian per sonel. Sebab untuk personel ada pergantian, terutama di posisi lead Synchro atau posisi lima dan Synchro atau posisi enam. “Untuk posisi lima yang ta dinya diisi Mayor Pnb Sri Ra har jo diganti Mayor Pnb HM Kisha un tuk posisi enam yang dulu diisi Mayor Pnb HS Romas diganti Mayor Pnb Frado Marpaung,” ung kap Londong di sela-sela latihan The Jupiters di Base Ops La nud Adisutjipto, kemarin.

Londong menjelaskan, pergantian posisi ini sudah sesuai de ngan ketentuan. Yaitu tentang keselamatan penerbangan. Sebab dari aturan tersebut, ba gi penerbang yang eject harus istirahat dari penerbangan selama tiga bulan.

Sehingga untuk me ngisi kekosongan itu, maka po sisi lima dan enam diganti. “Un tuk posisi satu sampai empat tetap sama,” katanya. Kepala Perpustakaan Lanud Adisutjipto Yogyakarta Mayor Sus Ambar Rejiyati menambahkan, dengan pergantian forma si The Jupiters ini, maka sekarang formasinya terdiri dari Let kol Pnb Fery Yunaldi sebagai flight Lea der, Kapten Pnb Ida Sa tria sebagai Right Wing, Kapten Pnb Yogi Indra sebagai Left Wing, Mayor Pnb Putu Sucah ya di sebagai Slot, Mayor Pnb HM Kisha sebagai Lead Syn chro, dan May Pnb Frado Mar paung sebagai Syncro.

Sementara itu, Danlanud Adisutjipto mengatakan, penam pilan The Jupiters ini bukan hanya kepercayaan pimpinan TNI AU, tapi juga bukti kemampuan TNI AU sejajar dengan bangsa maju lainnya. Termasuk memberikan kebanggaan sekaligus motivasi untuk terus memacu di bidangnya masing-masing sehingga dapat menampilkan kualitasnya.

Priyo setyawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0003 seconds (0.1#10.140)