Bangunan Bioskop di Sun Plaza Ambruk

Selasa, 31 Maret 2015 - 10:15 WIB
Bangunan Bioskop di Sun Plaza Ambruk
Bangunan Bioskop di Sun Plaza Ambruk
A A A
MEDAN - Sun Plaza Medan mendadak heboh, kemarin sore. Bongkahan semen dari proyek renovasi gedung bioskop Cinemaxx yang berada di lantai 4 tiba-tiba ambruk.

Ratusan pengunjung pun panik dan berusaha menyelamatkan diri ke luar gedung pusat perbelanjaan terbesar di Kota Medan itu. Salah seorang penjaga toko pakaian di lantai 3 bernama Sri, 24, mengaku terkejut mendengar material bangunan itu jatuh. Suaranya seperti petir bergemuruh di siang bolong. Karena penasaran, ia pun berusaha mencari tahu dan ternyata material bongkahan semen beku, seperti bola jatuh dari lantai 4 ke lantai 1. Saat ini di lantai 4 memang ada proses renovasi bioskop Cinemaxx.

“Aku dengar kayak ada suara petir bergemuruh begitu bang. Pas aku lihat ke arah eskalator, kok banyak debu berjatuhan dari lantai atas (lantai 4).” “Karena penasaran aku lihat rupanya bongkahan semen yang sudah beku jatuh dari lantai empat. Papantripeksnya nyangkut di eskalator lantai tiga,” ujar Sri kepada wartawan di Sun Plaza. Pantauan KORAN SINDO MEDAN, salah seorang petugas keamanan tengah berjaga di pintu masuk bioskop Cinemaxx. Ia pun melarang media mengambil gambar.

Sementara di lantai 3, eskalator arah naik dan turun terlihat ditutupi plastik terpal ukuran besar. Ketika KORAN SINDO MEDAN mencoba membuka plastik terpal itu, masih tersangkut material bangunan berupa papan tripleks dan broti kayu berukuran besar. “Jangan bang, jangan dibuka terpalnya. Kami cuma jalankan tugas saja bang,” ujar petugas sekuriti itu berusaha mencegah wartawan melihat eskalator yang tertutup terpal itu. Sementara pengunjung mal terlihat panik mendegar kejadian itu.

Pengunjung yang ingin menonton tampak kaget dan berusaha menyelamatkan diri. Begitu pula pengunjung di lantai 3 yang langsung kocar-kacir menyelamatkan diri. “Kami buru-buru turunlah. Tengok sendiri ada kayu besar yang masih nyangkut di eskalator lantai 3, kami takutlah kalau nanti ada material susulan yang jatuh dari lantai 3.

Pengunjung lain pun begitu juga bang. Kalau abang tadi datang lebih awal, semua pengunjung terutama di lantai 3 ini kocarkacir melarikan diri,” ungkap Sari Devi, 29, seorang pengunjung Sun Plaza lainnya. Mengenai ada korban jiwa dalam peristiwa itu, pihak pengelola Sun Plaza, petugas sekuriti, maupun Polsekta Medan Baru, masih bungkam. Namun, salah seorang pengunjung yang enggan disebutkan identitasnya mengaku ada korban atas ambruknya material bangunan dari proyek renovasi bioskop di pusat perbelanjaan itu.

“Tadi sempat aku lihat ada pengunjung wanita tertimpa material semen beku dari atas, tapi enggak parah kalilah. Cuma materialkecilyangmenimpanya. Dia sudah diamankan petugas sekuriti entah kemana. Kalau korban yang meninggal dunia kurang tahu saya,” ujarnya. Terpisah dari kepolisian, Kepala Unit (Kanit) Reskrim Polsekta Medan Baru Iptu Oscar S Setjo ketika dikonfirmasi, mengaku masih mengumpulkan informasi soal ada korban dalam peristiwa ambruknya material bangunan di Sun Plaza itu.

Assistant Marketing Communication Manager Sun Plaza, Elphiere Christie, mengatakan, belum bisa memberikan keterangan detail terkait peristiwa itu. Sebab kasus itu sedang tahap investigasi dan sudah diserahkan ke kepolisian. “Silakan hubungi polisi biar informasinya satu pintu,” kata Elphiere.

Dody ferdiansyah/ Dicky irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5144 seconds (0.1#10.140)