Jambore Medan Labuhan Dibuka

Selasa, 24 Maret 2015 - 12:25 WIB
Jambore Medan Labuhan...
Jambore Medan Labuhan Dibuka
A A A
MEDAN - Camat Medan Labuhan, Arrahman Pane, selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Medan Labuhan, meminta anggota pramuka untuk menjadi pelopor antinarkoba, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masing-masing.

Permintaan ini disampaikan Arrahman ketika membuka kegiatan jambore ranting Kecamatan Medan Labuhan di Lapangan Perumnas Martubung, Kelurahan Besar, Medan Labuhan, pada Jumat (20/3).

Dia menegaskan setiap anggota pramuka harus memiliki sikap mandiri, disiplin, siap menjadi pemimpin dan pelopor, sehingga menjadi contoh bagi siswa serta remaja lainnya. “Saya mengingatkan kepada anggota pramuka sebagai generasi bangsa harus menjadi pelopor antinarkoba,” katanya, Senin (23/3).

Mantan camat Medan Helvetia ini mengatakan, pelaksanaan jambore yang berlangsung selama tiga hari (20–22 Maret) ini diisi dengan serangkaian kegiatan, seperti keagamaan, mental spiritual, pembentukan watak dan ideologi Pancasila, iptek, keterampilan, seni budaya serta lingkungan hidup.

Perkemahan ini juga diisi kegiatan menarik, sehat, dan mempererat persahabatan, termasuk menambah sahabat para peserta. Meskipun jumlah peserta yang ikut dalam jambore hanya sekitar 400 orang, mereka memiliki semangat tinggi mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini dilakukan untuk pendidikan dan membentuk watak peserta. Kami juga berharap kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, tetapi bisa membangun kebersamaan antaranggota dari berbagai gudep,” ujarnya.

Sementara Kepala Dispenda Kota Medan Husni sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan mengatakan, anggota pramuka harus siap menjadi satgas antinarkoba. Setiap anggota pramuka, lanjutnya, bukan hanya pandai baris berbaris, tetapi harus siap menjadi pemimpin, baik di lingkungan se-kolah maupun lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Di sanalah kelebihan dari pramuka diajari lebih kreatif dan mandiri. Mereka ditempa menjadi pribadi yang mandiri dan siap menjadi pemimpin masa depan. Kami sudah merencanakan kalau anggota pramuka menjadi satgas antinarkoba,” ucapnya.

Irwan siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)