Pantai Selatan Dilengkapi Internet

Selasa, 24 Maret 2015 - 11:59 WIB
Pantai Selatan Dilengkapi Internet
Pantai Selatan Dilengkapi Internet
A A A
Tak hanya itu, nantinya juga akan dikembangkan di daerahdaerah wisata. Pengembangan jaringan tersebut untuk meningkatkan perekonomian potensi masing-masing wilayah.

Menkominfo Rudiantara ketika di Bantul mengungkapkan, Kominfo memang berencana membangun sarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kinerja dari masing-masing kampung, baik kampung wisata maupun kampung nelayan. Dengan pembangunan TIK di masing-masing kampung ini nantinya setiap pengelola dapat memberi dan mendapatkan informasi terkini yang berguna bagi kinerja mereka.

“Bagaimana mendukung TIK di berbagai wilayah memang menjadi komitmen kami, termasuk dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM),” paparnya kemarin saat menyerahkan Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 Rheinland kepada Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) RI Yogyakarta.

Pihak Kominfo menargetkan di semua daerah tujuan wisata dan juga kampung nelayan seperti di sepanjang pantai Selatan DIY akan dibangun sarana TIK. Seperti misalnya jaringan WiFi akan digratiskan atau bagaimana masih menjadi pembahasan.

Hanya saja, Kominfo ingin memberi kemudahan kepada masyarakat terutama pelaku wisata dan nelayan untuk mendapatkan informasi. Kepala BPPKI RI Yogyakarta Eka Handayani mengatakan, infrastruktur TIK tidak hanya berdiri di daerah wisata tetapi juga di kampung-kampung nelayan baik di DIY, Jawa Tengah hingga ke Bali.

Selama ini BPPKI belum fokus dalam kemaritiman, nelayan. Namun pada pemerintahan kali ini sudah mulai mengerucut apa saja yang akan dikembangkan termasuk pariwisata dan nelayan. “Tahun ini kami melakukan kajian,” ujarnya.

Eka mengungkapkan, kemungkinan besar setelah sarana TIK terbangun pihaknya akan mengembangkan berbagai aplikasi yang mampu menunjang pertumbuhan serta perkembangan nelayan dan pelaku pariwisata.

Mereka akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan TIK di masing-masing wilayah yang memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Aplikasi model website akan diintegrasikan ke nelayan sehingga mereka akan paham akan kondisi terkini.

Aplikasi seperti kondisi cuaca, kondisi ikan ataupun beberapa info terkini akan diintegrasikan ke satelit untuk disebarluaskan ataupun di akses ke masyarakat.

Erfanto linangkung
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3047 seconds (0.1#10.140)