Jambore Medan Johor Dinilai Kreatif

Senin, 23 Maret 2015 - 12:33 WIB
Jambore Medan Johor Dinilai Kreatif
Jambore Medan Johor Dinilai Kreatif
A A A
MEDAN - Kepala Dispenda Kota Medan, Husni, sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan, mengapresiasi pelaksanaan jambore ranting Kecamatan Medan Johor yang berlangsung di Lapangan Cadika Pramuka, Jalan Karya Wisata, Medan, akhir pekan lalu.

Kegiatan yang dihadiri 1.500 peserta ini dinilai sangat kreatif lantaran dikemas dengan berbagai kegiatan, di antaranya karnaval busana dan fashion show. “Dalam kegiatan pramuka tentu bukan hanya sekadar baris berbaris saja, tetapi bagaimana anak-anak pramuka lebih kreatif. Di sini (Jambore Medan Johor) kegiatan pramuka telah membuka kreativitas anak-anak pramuka. Tentu kami berharap ke depannya mereka terus lebih kreatif lagi agar anakanak lain semakin tertarik dengan kegiatan pramuka,” ungkapnya kepada KORAN SINDO MEDAN di sela-sela meninjau tenda-tenda peserta.

Dia mengharapkan kegiatan jambore yang diikuti sekitar 40 gugus depan (gudep) tersebut bisa membentuk watak, disiplin, kepemimpinan serta kemandirian dalam membina dan mengembangkan diri para anggota pramuka. Gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan nonformal diharapkan bisa mengedepankan kegiatan di alam bebas dalam rangka pembentukan karakter peserta didiknya.

“Tentu mereka semakin banyak berkenalan dengan sesama penggalang, sehingga timbul rasa persatuan yang kuat dan bisa menjadi wadah untuk penangkal kenakalan para remaja,” ujarnya.

Maraknya peredaran narkoba di Medan, bahkan pelajar sudah menjadi sasaran, Husni pun berencana membentuk satgas antinarkoba, melibatkan para anggota pramuka yang ada di Kota Medan. Gerakan pramuka harus dididik menjadi garda terdepan memberantas peredaran narkoba di kalangan pelajar.

Antusiasnya peserta pramuka mengikuti jambore tingkat ranting diharapkan agar Kwarcab Kota Medan bisa mengukir prestasi pada ajang Jambore Nasional 2016 nanti. Sebab, jambore ranting yang sedang berlangsung di berbagai kecamatan merupakan salah satu persiapan dalam menyambut jambore nasional.

Sementara itu, Camat Medan Medan Johor, Khoiruddin Rangkuti, selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Medan Johor, mengatakan, pelaksanaan jambore ranting Medan Johor diikuti sekitar 40 gudep dengan jumlah peserta mencapai 1.500 orang.

Jambore ini dibuat semenarik mungkin dengan berbagai kegiatan, di antaranya karnaval busana, fashion show, perlombaan kerajinan tangan, lomba memasak, cerdas dan tepat pramuka, kegiatan keagamaan, mental spiritual, pembentukan watak dan ideologi Pancasila, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), keterampilan, seni budaya, dan lingkungan hidup.

“Jambore ranting Medan Johor dibuat berbeda agar tidak monoton hanya baris berbaris. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yakni Jumat (20/3) hingga Minggu (22/3). Kegiatan dibuat menarik, menyenangkan, sehat, riang, gembira, dan mempererat persahabatan, termasuk menambah sahabat.

Semua kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk pendidikan dan dilandasi kode kehormatan dalam bentuk janji serta ketentuan moral pramuka penggalang berupa Trisatya dan Dasa Darma Pramuka,” ucapnya.

Irwan siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6097 seconds (0.1#10.140)