Pengaruh Air bagi Tubuh Manusia

Minggu, 22 Maret 2015 - 09:38 WIB
Pengaruh Air bagi Tubuh Manusia
Pengaruh Air bagi Tubuh Manusia
A A A
Lebih dari 50% komposisi tubuh manusia adalah air. Otak, misalnya, sekitar 70% komposisinya air, dan paru-paru sekitar 90% adalah air. Darah juga memiliki komposisi air yang tinggi yakni sekitar 83%, sehingga bisa menjadi media transportasi oksigen di dalam tubuh.

Karena itu, air memiliki peranan penting dalam sel tubuh. Namun, tidak semua jenis air yang masuk ke dalam tubuh bagus buat kesehatan. Airbersihakanmembantutubuh meningkatkan kualitas hidup. Dokter spesialis patologi anatomi, Delyuzar, menuturkan, air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga perempat bagian dari tubuh manusia terdiri atas air dan tidak seorang pun dapat bertahan hidup lebih dari lima hari tanpa minum air.

Namun, air juga dapat menjadi penyebab kerusakan tubuh. Penyakit-penyakit yang menyerang dapat ditularkan dan disebarkan melalui air. Jika mengonsumsi air yang tidak bersih, bakteri akan masuk ke dalam tubuh. Ini akan menyebabkan penyakit, terutama diare dan disentri,” ucapnya. Bukan hanya dikonsumsi, menggunakan air yang tidak bersih juga dapat menyebabkan penyakit kulit. Oleh karena itu, masyarakat harus terus berupaya agar dapat memiliki air bersih.

Ditinjau dari sudut ilmu kesehatan masyarakat, penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air bersih yang terbatas memudahkan timbulnya penyakit. Delyuzar menjelaskan, volume rata-rata kebutuhan air setiap orang per hari berkisar 150- 200 liter atau 35-40 galon. Kebutuhan air tersebut bervariasi dan bergantung pada keadaan iklim, standar kehidupan, dan kebiasaan masyarakat. Di dalam tubuh, air juga tidak bertahan lama.

Hal ini terjadi jika tubuh senantiasa selalu beraktivitas atau bergerak. Air yang diminum tersebut akan berubah menjadi keringat dan membantu metabolisme tubuh sehingga perlu minum air guna mengganti cairan tubuh yang hilang. “Karenanya, jika dirasa mulai haus, jangan biasakan untuk mengabaikannya karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan,” ucapnya. Bagi tubuh, air juga berfungsi sebagai detoksifikasi atau pembuangan.

Air juga penting membantu kinerja organ pencernaan yaitu usus. Jika usus kekurangan air akan menjadi penyebab sembelit karena usus akan menyerap zat cairan dari pembuangan lainnya. “Jika tubuh kekurangan air, juga akan dapat mengurangi fungsi organ seperti halnya usus. Selain itu, dapat merusak kesehatan kulit, yang biasa ditandai dengan kulit mengering dan terlihat kusam,” ucapnya.

Untuk itu, dengan mengonsumsi air minimal delapan gelas tiap hari, tubuh akan mendapat manfaat dari air yang diminumnya. Namun, jangan asal mengonsumsi air, minumlah air putih yang bersih dan higienis agar tubuh menjadi tetap bugar dan sehat selalu. Menurut Praktisi Gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, air merupakan salah satu zat gizi dari enam zat gizi yang ada. Zat gizi adalahzatyangesensial, yaknizat yang dibutuhkan oleh tubuh dan tubuh tidak bisa memproduksi sendiri sehingga harus didatangkan dari luar (dikonsumsi).

Manfaatlainnya untukmengatur suhu tubuh, peredam getaran di daerah mata, dan punggung Sedikitnya setiap tubuh manusia membutuhkan lebih kurang 2 liter per hari atau 40 cc setiap kilo berat badan. Apabila seseorang punya berat badan 50 kg maka kebutuhannya adalah 40 cc x50kgyaitu2000cc atau2liter. Jika banyak berkeringat maka ditambah kebutuhan air sejumlah keringat yang dikeluarkan.

“Jika tidak dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh maka akan berdampak terhadap gangguan kesehatan. Sebab, manfaat utama air adalah untuk kelangsungan proses semua reaksi kimia di dalam tubuh,” paparnya. Apabila air tidak cukup maka reaksi kimia di dalam tubuh akan terganggu.

Akibatnya, tubuh akan mengalami dehidrasi dan berisiko terhadap gangguan ginjal. Tidak optimalnya penyerapan zat gizi yang lain sehingga sel-sel akan mengalami kerusakan (aus), serta pengeluaran zat sisa berlangsung tidak sempurna yang mengakibatkan zat sisa (racun) dapat terakumulasi dalam tubuh.

Siti amelia/eko agustyo fb
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3875 seconds (0.1#10.140)