Tawur Kesanga Digelar di Lapangan Puputan Badung

Jum'at, 20 Maret 2015 - 10:21 WIB
Tawur Kesanga Digelar di Lapangan Puputan Badung
Tawur Kesanga Digelar di Lapangan Puputan Badung
A A A
DENPASAR - H-1 jelang Nyepi, ribuan umat Hindu Denpasar melaksanakan upacara Tawur Kesanga di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, Jumat (20/3/2015).

Upacara ini bertujuan untuk pembersihan alam semesta termasuk isinya. Upacara ini dilakukan sehari sebelum Hari Raya Nyepi.

Menurut Ida Pedanda Gede Telagah, salah satu pendeta upacara Tawur Kesanga, ritual ini wajib dilakukan umat Hindu sebelum Hari Raya Nyepi.

"Tawur Kesanga ini juga bermakna mengembalikan unsur Panca Maha Bhuta menjadi Dewa," jelasnya saat upacara Tawur Kesanga di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, Jumat (20/3/2015).

Dia menambahkan, upacara ini dimulai dengan doa yang dipanjatkan para pendeta dan umat Hindu. Setelah itu dilanjutkan dengan tari-tarian, yakni Tari Rejang dan Tari Topeng.

"Tarian ini hanya boleh dilakukan pada saat upacara agama saja, tidak boleh dipertontonkan selain upacara. Pasalnya tari ini memiliki unsur tersendiri, seperti halnya Tari Rejang, tari ini hanya dilakukan oleh anak-anak perempuan yang belum balig atau belum haid," terangnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8754 seconds (0.1#10.140)