Penggiat Geopark Toba Gelar Geobike

Sabtu, 14 Maret 2015 - 09:10 WIB
Penggiat Geopark Toba Gelar Geobike
Penggiat Geopark Toba Gelar Geobike
A A A
DOLOKSANGGUL - Penggiat Geopark Kaldera Toba, Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI), bakal menggelar Geobike di kawasan Danau Toba pada 10-12 April mendatang.

Kali ini rute yang ditempuh, yaitu mulai dari Bandara Silangit, Muara, Bakkara, Tipang, dan sejumlah kawasan di Samosir. Manajer Program Geobike, Irwansyah Harahap, mengatakan, sejumlah kegiatan bakal meramaikan event tersebut, di antaranya kampanye pelestarian alam lewat sepeda santai, dan ajakan membangun kebersamaan mewujudkan Geopark Toba.

“Kegiatan Geobike Kaldera Toba ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi Geopark yang dilakukan dengan bersepeda santai. Para peserta akan melewati beberapa situs yang terkait dengan Geopark yang memenuhi unsur Geodiversity, Culturdiversity, dan Biodiversity,” paparnya kepada KORAN SINDO MEDAN , Jumat (13/3), di Restoran Tipang Mas, Baktiraja.

Irwansyah yang juga Direktur Pengkajian Seni Universitas Sumatera Utara (USU) mengatakan, kegiatan tersebut bakal diikuti beberapa komunitas sepeda dari berbagai kalangan dan individu. Selaku panitia, Irwansyah berharap semua pihak dapat mendukung kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), MPR Manullang, mengatakan, siap mendukung kesuksesan acara tersebut. Terlebih saat ini Humbahas telah melakukan sejumlah sosialisasi untuk percepatan Geopark Kaldera Toba.

MPR Manullang mengatakan, Pemkab Humbahas sudah berupaya maksimal melakukan promosi wisata Danau Toba. Diharapkan, kegiatan Geobike dapat menjadi salah satu pendukung pengenalan dunia pariwisata Humbahas kepada wisatawan agar mau berkunjung ke Danau Toba.

“Kami mendukung kegiatan ini, karena secara spesifikasi Danau Toba Humbahas memiliki keistimewaan sejarah dan keterkaitan langsung terhadap Geopark Kaldera Toba. Pemerintah Humbahas akan maksimal mendukung kegiatan tersebut,” ucapnya.

Baringin lumban gaol
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5633 seconds (0.1#10.140)