25 Maret, Rusunawa Sibolga Siap Ditempati

Jum'at, 13 Maret 2015 - 09:56 WIB
25 Maret, Rusunawa Sibolga Siap Ditempati
25 Maret, Rusunawa Sibolga Siap Ditempati
A A A
SIBOLGA - Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, mengkroscek data calon penghuni Rumah Susun Sederhana Cara Sewa (Rusunawa) Sibolga yang akan dioperasikan pada Rabu (25/3) mendatang.

Pengecekan dilakukan dengan cara terjun langsung ke rumah-rumah calon penghuni rusunawa. “Kami mengunjungi warga yang menjadi sampel di Kelurahan Pancuran Bambu dan Pancuran Pinang. Semuanya layak menghuni rusunawa,” kata Syarfi, kemarin. Syarfi pada pengecekan itu terlihat keluar masuk gang di perkampungan. Bahkan tidak jarang harus singgah di rumah keluarga para calon penghuni yang terlihat kumuh dan kotor. Itu terpaksa dilakukan untuk memastikan kebenaran atau akurasi data yang disampaikan Camat Sibolga Sambas, Faisal Fahmi Lubis.

“Terlihat camat tidak mainmain dalam melakukan pendataan. Semua layak,” tutur Syarfi. Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Sibolga, Marwan Pasaribu, mengungkapkan, pengecekan calon penghuni rusunawa merupakan bagian dari persiapan. Jadi, kata dia, data calon penghuni rusunawa bias diketahui kebenarannya. Rsunawa Sibolga memiliki luas lahan sekitar satu hektare (ha) yang diisi dua gedung bangunan berlantai empat serta tempat parkir.

Total keseluruhan ruang dari kedua gedung tersebut sebanyak 196 unit. Tiap unit sudah dilengkapi fasilitas air dan listrik. Seluruh ruang inilah yang akan diperuntukkan kepada calon penghuni dari Kecamatan Sibolga Sambas dan Kecamatan Sibolga Selatan. Sementara harga sewa yang diterapkan kisaran Rp100.000–Rp150.000 per bulan per unit Sementara itu, sejumlah calon penghuni menyambut gembira operasional Rusunawa Sibolga.

Mereka mengaku sudah tidak sabar lagi untuk segera pindah. “Harga sewa rumah kami ini Rp2 juta per tahun. Sementara di rusunawa, harga sewanya jauh lebih rendah dan kondisinya baik,” kata S boru Hutabarat, 33, warga Kelurahan Pancuran Bambu.

Jonny simatupang
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9290 seconds (0.1#10.140)