PKB Mulai Jaring Calon Bupati 2015

Selasa, 10 Maret 2015 - 11:02 WIB
PKB Mulai Jaring Calon Bupati 2015
PKB Mulai Jaring Calon Bupati 2015
A A A
INDRAMAYU - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Indramayu resmi membuka desk pilkada yang berfungsi untuk menjaring bakal calon bupati Kabupaten Indramayu pada Desember 2015 mendatang.

Pembukaan Desk Pilkada diklaim menjadi upaya untuk membuat partai berkarakter lebih inklusif menjelang momentum pilkada serentak pada 16 Desember 2015. Ketua DPC PKB Kabupaten Indramayu, Abbas Assafah mengatakan, pada Juni 2015, KPU mulai membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati.

Dengan demikian, terdapat jeda waktu 2 bulan bagi pihaknya untuk menjaring masyarakat Indramayu yang berminat menjadi calon bupati. “Pelaksanaan Pilkada serentak sudah semakin dekat.KPU sudah mulai membuka pendaftaran pada 16 Juni, berarti ada jeda waktu selama 2 bulan. Jeda waktu itu akan kami manfaatkan untuk menjaring tokoh masyarakat yang siap mengadakan perubahan di Indramayu,” ujar nya.

Dia mengatakan, pendaftaran dilaksanakan secara terbuka dan untuk umum. Selama waktu pendaftaran yang berlangsung tiga hari, segala persiapan maupun pelaksanaannya akan ditangani oleh tim Desk Pilkada. Adapun anggota Desk Pilkada adalah Sanawi Hasan selaku Koordinator, Miftahul Fath selaku Sekeretaris, serta Ahmad Mujani Nur, M Sholihin, dan Ipik Fikriyah selaku anggota.

Koordinator Desk Pilkada DPC PKB Indramayu, Sanawi Hasan mengatakan, selama 11 hari ke depan akan berlangsung proses pendaftaran. Rinciannya, pada 10-12 Maret 2015, di buka pendaftaran bagi warga yang berminat atau pengiriman surat dari DPC PKB Indramayu ke pada tokoh masyarakat yang dianggap layak mencalonkan diri. Kemudian pada 13-15 Maret 2015, pengambilan formulir pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati.

Kemudian pada 16-20 Maret 2015, pengem balian formulir pendaftaran dan disertai persyaratan yang telah ditentukan oleh desk pilkada. Menurutnya, setelah tahapan pendaftaran calon bupati usai, akan dilanjutkan ke tahapan sosialisasi kepada masyarakat. Tahapan sosialisasi itu di lakukan dengan mendasarkan ke pada 6 dapil yang ada di Kabupaten Indramayu.

Adapun tahapan sosialisasinya itu akan berakhir pada 28 Maret 2015. Anggota Desk Pilkada DPC PKB Indramayu, Sholihin mengatakan, pelaksanaan penjaringan merupakan instruksi dari DPP PKB. Karena itu, terkait siapa calon bupati yang nantinya lolos penjaringan menjadi kewenangan pengurus pusat. Kalau proses pendaf taran, itu masih domainnya DPC. Namun pada akhirnya, penentuan tetap menjadi kewenangan pengurus pusat.

“Termasuk permasalahan koalisi. Tahapan yang sedang berlaku sekarang, anggaplah sebagai pendidikan politik, dan juga kami ingin menunjukkan PKB sebagai partai yang inklusif,” tuturnya. Terkait dengan tahapan pengiriman surat oleh partai kepada tokoh masyarakat yang dianggap layak menjadi calon bupati, Sholihin mengatakan, hal tersebut tidak akan diungkap dulu ke publik.

Pasalnya, hal tersebut menjadi kajian secara internal. Namun demikian, dari nomenklaturnya, tokoh masyarakat yang akan menerima surat tersebut harus berasal dari kader PKB, unsur NU, akademisi, kalangan profesional, pengusaha, dan PNS.

Tomi indra
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9545 seconds (0.1#10.140)