Seniman dan Musisi Mengamen di Kejati Sumut

Selasa, 10 Maret 2015 - 09:36 WIB
Seniman dan Musisi Mengamen di Kejati Sumut
Seniman dan Musisi Mengamen di Kejati Sumut
A A A
MEDAN - Puluhan seniman dan musisi yang mengatasnamakan Rumah Kita, melakukan aksi mengamen di depan Gedung Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Senin (9/3).

Aksi tersebut sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan kekosongan kas Pemprov Sumut yang dikarenakan adanya indikasi dugaan korupsi. Tidak hanya itu, massa juga menyinggung bobroknya kinerja Kejati Sumut dalam memberantas korupsi. Lembaga Korps Adhyaksa ini diduga kerap menjadikan para tersangka ataupun pejabat yang terlapor sebagai "ATM" berjalan. Para seniman ini membawa peralatan musik di atas kendaraan besar lengkap dengan pengeras suara.

Mereka melakukan konser kecil di Jalan AH Nasution dan meminta sumbangan dari pengguna jalan untuk Pemprov Sumut yang mengalami kekosongan kas. "Meminta kepada gubernur Sumut mengambil tindakan terhadap sejumlah utang kepada pihak manapun. Lalu, dana DBH yang terkesan sengaja diendapkan serta diduga dilakukannya tindakan pencucian uang dan gratifikasi," ucap Ketua Umum Rumah Kita, Iskandar Z Sembiring.

Sementara itu, aksi massa dilakukan di Kejatisu bukan tanpa sebab. Pasalnya, kinerja Kejatisu dipertanyakan dalam memberantas korupsi. Mandeknya kasus korupsi di lembaga Korps Adhyaksa itu menambah daftar panjang kasus yang belum terselesaikan. "Kejati jangan tebang pilih dalam sejumlah kasus.

Meminta Kejati Sumut kooperatif dalam menjalankan amanah penegakan hukum dan UU terkait tindak pidana korupsi, serta jangan menjadikan ATM berjalan terhadap pejabat yang terlapor," ucapnya. Aksi massa berlangsung hampir satu jam di depan Kantor Kejati Sumut, Jalan AH Nasution, Medan.

Selama aksi itu tidak ada tanggapan dari pihak Kejati Sumut. Aksi massa Rumah Kita ini sempat membuat arus lalu lintas macet karena meminta sumbangan kepada pengguna jalan.

Panggabean hasibuan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6331 seconds (0.1#10.140)