Jokowi Hadiri Bogor Street Festival

Jum'at, 06 Maret 2015 - 10:58 WIB
Jokowi Hadiri Bogor Street Festival
Jokowi Hadiri Bogor Street Festival
A A A
BOGOR - Perayaan Cap Go Meh 2015 di Kota Bogor berlangsung meriah kemarin. Selain menghadirkan pawai festival kebudayaan, kegiatan ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo. Perayaan yang dipusatkan di Jalan Surya Kencana Bogor itu resmi dibuka Jokowi sekitar pukul 17.00 WIB.

Jokowi yang mengenakan batik hadir didampingi Ibu Negara, Iriana, Kapolda Jawa Barat Irjen M Iriawan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. “Dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim, dengan ini saya buka Cap Go Meh di Bogor,” kata Jokowi.

Jokowi yang hadir dalam acara tersebut terlihat menikmati. Bahkan perayaan Cap Go Meh di Bogor itu menciptakan kegembiraan tersendiri bagi warganya. "Ini perayaan Cap Go Meh, pesta rakyat Bogor, yah kita lihat sendiri berikan kegembiraan kepada masyarakat," kata Jokowi di depan Vihara Dhanagun, Jalan Surya kencana, Kota Bogor,kemarin.

Menurut Jokowi, acara semacam ini sudah sepatutnya rutin digelar. Masyarakat diajak bergembira menonton banyak parade rakyat yang terus beratraksi. "Saya kira, daerah lain patut meniru Bogor, karena berikan kegembiraan masyarakat," tandasnya. Dia sendiri mengakui sejumlah daerah sudah mengadakan acara serupa. Tapi tentu saja dengan tema yang berbeda-beda.

Se telah menyaksikan pertunjukan barongsai sebagai prosesi pembukaan, langsung meninggalkan panggung VVIP dan membuka acara Street Festival Cap Go Meh 2015. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 1.246 personel yang terdiri dari anggota TNI dan Polri dikerahkan untuk melakukan pengamanan. Danramil Bogor Tengah, Kapten Inf TB Eka Purnama mengatakan, sebanyak 500 personel TNI disiagakan.

Jumlah tersebut terdiri dari unsur Korem 061/SK, Kodim 0606/ Kota Bogor, Yanif 315/Garuda Bogor, Yonif 300 Rider Cianjur dan anggota Paspampres. Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Dimana pengamanan terbuka yaitu petugas pengaman menggunakan seragam dinas. Pihaknya juga menempatkan beberapa petugas menggunakan pakaian preman yang berbaur dengan masyarakat.

“Rencananya Presiden Jokowi akan berjalan dari Istana menuju panggung CGM melalui pintu utama Kebun Raya Bogor,” jelasnya. Kasat Lantas Polres Bogor Kota AKP Irwandi menjelaskan untuk mengurangi kepadatan kendaraan, Petugas Satlantas Polres Bogor Kota memberlakukan rekayasa lalulintas dengan melakukan pengalihan lalu lintas termasuk pengalihan trayek angkutan kota (angkot).

“Pemberlakuan Arus Lalu Lintas (Penutupan Jalan dan Pengalihan Arus) dalam Kegiatan Pawai Seni Budaya Street Festival Cap Go Meh 2015 Kota Bogor yang akan diberlakukan mulai pukul 15:00 WIB,” katanya. Festival Cap Go Meh 2015 ini dihadiri ribuan warga Bogor yang tumpah ruah di sepanjang Jalan Surya Kencana. Mereka terlihat membawa anggota keluarganya untuk menyaksikan pawai kebudayaan serta pertunjukan karnaval mobil 12 Shio, 20 joli, 25 liong, dan 50 barongsai.

Haryudi
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8082 seconds (0.1#10.140)