8.000 PNS - Warga Gotong Royong Bersihkan Danau Toba

Rabu, 04 Maret 2015 - 10:04 WIB
8.000 PNS - Warga Gotong Royong Bersihkan Danau Toba
8.000 PNS - Warga Gotong Royong Bersihkan Danau Toba
A A A
SIMALUNGUN - Bupati Simalungun, JR Saragih, mengerahkan 8.000 pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat untuk bergotong royong membersihkan sekitar Danau Toba, kemarin.

Gotong royong ini sebagai bagian mendukung program UNESCO yakni Geopark Kaldera Toba menjadi taman bumi. Dalam kegiatan itu JR Saragih bersama Sekdakab Gidion Purba dan sejumlah unsur pimpinan daerah terlibat langsung membersihkan lingkungan sekitar danau terbesar di Indonesia itu.

JR Saragih memotong rumput dan memperindah taman di sepanjang jalan menuju Parapat. Persisnya mulai Aek Nauli, Kecamatan Dolok Panribuan lalu Sibaganding hingga ke Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Di sela-sela kegiatan gotong royong, JR Saragih mengatakan, selain mendukung sosialisasi Geopark Kaldera Toba menjadi taman bumi dunia, kegiatan itu juga untuk memotivasi masyarakat merasa memiliki Danau Toba. Sebab, danau tersebut menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat di sekitarnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini nantinya harus menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan minimal sekali dalam sepekan. Selain gotong royong, JR bersama unsur pimpinan daerah di antaranya Dandim 0207 Simalungun, Letkol (Inf) P Marpaung; Dandenpom I/I Pematangsiantar, Letkol CPM Sudarma Setiawan; dan Kajari Siantar, Irvan P Samosir, sempat membersihkan eceng gondok di Danau Toba serta menabur bibit ikan.

Anggota DPRD Simalungun, Mansur Purba, didampingi Betti Sinaga mengapresiasi kegiatan gotong royong yang digerakkan Bupati JR Saragih. “DPRD Simalungun berharap gerakan serupa menjadi kegiatan rutin di seluruh desa dan kecamatan,” ujar Mansur.

Ricky hutapea
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8334 seconds (0.1#10.140)