Hutan Baktiraja Kembali Terbakar

Sabtu, 28 Februari 2015 - 11:39 WIB
Hutan Baktiraja Kembali Terbakar
Hutan Baktiraja Kembali Terbakar
A A A
DOLOKSANGGUL - Hutan di kawasan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), kembali terbakar. Hingga Jumat (27/2), api yang melahap sejumlah pepohonan di kawasan Desa Matodo tersebut belum dapat dipadamkan.

Api menjalar dari kawasan Sungai Aek Silang hingga ke atas perbukitan Parsingguran, Kecamatan Pollung. Dari pantauan KORAN SINDO MEDAN, api melahap sejumlah pepohonan pinus yang selama ini menjadi penyangga perbukitan agar tidak longsor. “Kami masih berupaya memadamkan, namun sangat sulit karena kawasan yang terbakar tidak dapat dijangkau kendaraan,” kata Camat Baktiraja, Demak, kepada KORAN SINDO MEDAN, kemarin.

Demak mengatakan, sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Sebab, kawasan tersebut bukanlah permukiman warga dan bukan lintasan para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Danau Toba. “Kami menduga api bersumber dari atas. Saat ini kami masih berupaya agar api tidak menyebar,” ujarnya.

Kawasan perbukitan di Baktiraja memang kerap dilanda kebakaran. Namun, sampai saat ini belum ada solusi agar kawasan tersebut bebas dari api. Padahal, Baktiraja merupakan objek utama pariwisata di Humbahas. “Kami terkadang kecewa karena kami mau melihat objek wisata, malah disapa dengan asap kebakaran hutan,” kata seorang pengunjung, Lambaik Marolop, 43.

Baringin lumban gaol
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7510 seconds (0.1#10.140)