Anggota Pramuka Jadi Contoh di Sekolah

Jum'at, 27 Februari 2015 - 13:41 WIB
Anggota Pramuka Jadi Contoh di Sekolah
Anggota Pramuka Jadi Contoh di Sekolah
A A A
MEDAN - Pengurus gugus depan (gudep) pramuka di sekolah- sekolah diharapkan bisa menjadi contoh bagi siswa lainnya.

Setiap anggota pramuka memiliki inisiatif sendiri, penuh kesadaran, kemandirian, tanggung jawab, kepedulian, serta keterikatan moral, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat.

“Medan Selayang ingin mengaktifkan kembali gerakan pramuka. Kemarin, kami baru melantik 12 gudep sekolah, yang baru bergabung dengan pramuka. Sebelumnya sudah ada beberapa gudep sekolah di Medan Selayang.

Dengan makin banyak gudep pramuka di Medan Selayang, kami berharap para siswa bisa memberikan contoh kepada siswa lain. Nilai yang mereka terima selama kegiatan pramuka diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari,” kata Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Ranting Medan Selayang kepada KORAN SINDO MEDAN, kemarin.

Dia meminta kegiatan-kegiatan pramuka semakin sering dilaksanakan agar memotivasi anggota pramuka yang tetap aktif. Sementara siswa yang selama ini belum tertarik mengikuti kegiatan pramuka bisa tertarik dan aktif. Menurut dia, jika gerakan pramuka sudah kembali di minati siswa, bisa menangkal kenakalan remaja yang ada saat ini. Sebab, banyak siswa yang kehilangan arah dan tidak mengetahui kegiatan apa yang dilakukan sehingga bertindak tanpa memikirkan akibatnya.

Sementara gerakan pramuka akan mengajarkan nilainilai yang positif yang meredam tindakan tersebut. Sementara itu, Sekretaris Kwartir Ranting, Rudiono, mengatakan, gudep baru yang mengikuti pelantikan sebanyak 12 sekolah. Sebelumnya, sudah ada sekitar 26 gudep yang aktif. Dia menyayangkan pramuka saat ini kurang diminati pelajar tingkat SMA. Padahal, kegiatan pramuka sangat penting untuk menempa mental para pelajar. Makanya, para guru-guru diminta agar mengajak anak muridnya untuk mengikuti pramuka.

Irwan siregar
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7663 seconds (0.1#10.140)