Korem 044/Gapo Genjot Kualitas Prajurit

Selasa, 24 Februari 2015 - 11:51 WIB
Korem 044/Gapo Genjot Kualitas Prajurit
Korem 044/Gapo Genjot Kualitas Prajurit
A A A
PALEMBANG - Demi menggenjot kualitas prajurit TNI, khususnya di jajaran Kompi Markas (Kima) Komando Resor Mi liter (Korem) 044/ Garuda Dempo (Gapo) menggelar latihan perorangan (LATOR) bagi prajurit level bintara dan tamtama, yang berlangsung selama sepekan sejak, kemarin.

Komandan Kima Korem 044/Gapo Lettu Inf Farik Abduh mengatakan, Lator ini merupakan salah satu metode untuk belajar atau mengingat kembali semua materi pelajaran sesuai dengan kecakapan Spesialis Jabatan Militer (SJM) prajurit dengan pangkat yang disandang.

”Diharapkan dapat menjadi suatu data kualitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan keterampilan umum, sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan,” katanya di sela-sela kegiatan di Makorem, kemarin.

Farik mengatakan, setiap prajurit di semua tingkatan dapat mengerti dan memahami tugas-tugasnya. Di samping juga mampu melaksanakan tugasnya secara profesional dan proporsional. ”Kegiatan ini untuk meningkatkan profesionalisme keprajuritan yang bermuara para peningkatan kualitas para prajurit tentunya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 044/Gapo Mayor Inf Dedi Sugiri menambahkan, dalam kegiatan itu, setiap prajurit mempelajari buku-buku petunjuk umum prajurit (BPUP) 1-7. Sehingga setiap prajurit mengetahui tingkat kemampuan dasar prajurit yang nantinya akan dijadikan pedoman untuk menentukan latihan selanjutnya sehingga tercipta profesionalisme prajurit dalam setiap kepangkatannya.

”Usai kegiatan, akan ada evaluasi dan penilaian bahkan jika ada yang memiliki penilaian buruk dapat diulang. Sementara yang lolos akan mengikuti uji terampil perorangan (UTP). Hasil latihan ini pun termasuk salah satu syarat administrasi kenaikan pangkat,” kata Dedi. Ditambahkannya, latihan yang berlangsung sejak 23- 27 Februari ini, bertempat di Kima Korem 044/Gapo dan dilaksanakan secara terprogram mengacu pada Program Kerja dan Anggaran Korem 044/Gapo Triwulan I tahun anggaran (t.a) 2015 khususnya bidang latihan.

Dalam latihan itu terdapat berbagai materi dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor). Termasuk di antaranya latihan fisik, kemampuan beladiri Yongmodo, dan materi-materi lainnya. ”Akan di-upgrade dasar-dasar kemiliteran agar terus ada peningkatan. Di sini pun mereka akan berlatih teknik dasar dan kemampuan menembak,” jelas Dedi.

Retno palupi
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5016 seconds (0.1#10.140)