Sendratari Adeging Kutha Sala Meriahkan HUT ke-270 Solo

Minggu, 22 Februari 2015 - 11:14 WIB
Sendratari Adeging Kutha Sala Meriahkan HUT ke-270 Solo
Sendratari Adeging Kutha Sala Meriahkan HUT ke-270 Solo
A A A
SOLO - Sebanyak 270 seniman tari profesional dari berbagai penjuru nusantara menyajikan pentas sendratari Kolosal bertema Adeging Kutha Sala (Berdirinya Kota Solo) pada Sabtu (21/2) malam.

Acara tersebut merupakan rangkaian acara puncak perayaan Hari Ulang tahun ke-270 berdirinya Kota Solo. Sebelum sendratari kolosal itu digelar, para seniman tari yang didukung oleh sejumlah kelompok sadar wisata, serta berbagai komunitas seni yang ada di Kota Solo tersebut terlebih dahulu melakukan kirab.

Acara kirab dimulai dari koridor Ngarsopuro, Kemudian menyusuri jalan Slamet Riyadi, dan berakhir di koridor Jenderal Sudirman Solo. Sesampainya di koridor tersebut para seniman tari profesional dan para pendukung acara langsung mempertontonkan cerita tentang berdirinya Kota Solo. Seperti cerita kepindahan Kerajaan Mataram Islam dari Kartasura, menuju Desa Sala pada masa Pemerintahan Raja Pakubuwana II pada tahun 1745 lalu.

Pimpinan produksi, Fafa Utami, menyebutkan sendratari kolosal mengenai cerita berdirinya Kota Solo tersebut merupakan karya koreografer Agung Kusumo Widagdo. Menurutnya sendratari tersebut baru kali pertama dipertontonkan kepada masyarakat dalam rangka memperingati HUT ke-270 Kota Solo. Dia menyebutkan tarian itu dipertontonkan agar masyarakat mengetahui sjearah berdirinya Kota Solo melalui sebuah sendratari.

Dengan seperti itu masyarakat bisa mengetahui gambaran tentang cerita berdirinya Kota Solo. Meskipun tidak seluruhnya cerita yang ada dalam sejarah itu bisa disimbolisasikan dalam tarian tersebut. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Eny Tyazni Suzana, mengatakan acara tersebut untuk memberikan hiburan yang memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

Arief setiadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5488 seconds (0.1#10.140)