Tertimbun Longsor, Tiga Relawan Bencana Selamat

Jum'at, 20 Februari 2015 - 20:29 WIB
Tertimbun Longsor, Tiga Relawan Bencana Selamat
Tertimbun Longsor, Tiga Relawan Bencana Selamat
A A A
KARANGANYAR - Nasib mujur masih menaungi tiga relawan penanggulangan bencana di Kabupaten Karanganyar karena mereka tetap selamat meski tertimbun Longsor

Ketiganya adalah Sukino (27) Wakino (32) dan Sukidi (34) yang merupakan warga Dusun Sumbersari, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Kejadian berlangsung Kamis malam 19 Februari sekitar pukul 18.30 WIB. Kala itu, mereka tengah berpatroli di Dusun Jalen dan mendapati longsoran tanah dari bukit menutup jalan.

Mereka langsung berinisiatif membersihkan longsoran. Namun tanpa diduga, longsoran besar meluncur turun dari bukit dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Ketiganya tertimbun karena tidak sempat menyelamatkan diri. “Sebelum kejadian, saya mendengar suara gemuruh. Ternyata tebing kembali longsor dan menimpa kami bertiga,” kata Sukino, korban luka saat dirawat di Puskesmas Ngargoyoso, Jumat (20/2/2015).

Ketika tertimbun, dirinya dalam posisi terlentang. Dia tidak ingat apa apa lagi setelah seluruh tubuhnya tertimbun tanah.

Kesadarannya mulai muncul sesaat setelah warga mengangkatkannya dari timbunan tanah. Dia lalu dibawa ke Puskemas Ngargoyoso guna mendapatkan pertolongan medis.

Sedikit mujur dialami Wakino dan Sukidi karena hanya tertimbun sebatas pinggang dan leher. Keduanya sempat berteriak minta pertolongan warga.

“Saya kaget mendengar teriakan. Ketika keluar ternyata ada orang tertimbun longsor,” ungkap Endro, salah satu warga di sekitar lokasi kejadian yang memberikan pertolongan.

Setelah menyelamatkan dua korban yang tubuhnya masih kelihatan, Endro lalu mencari keberadaan Sukino.

Sekitar sepuluh menit kemudian, tubuh Sukino berhasil ditemukan di timbunan tanah di bawah saluran air berkedalaman sekitar setengah meter.

“Pertama kali yang terlihat kakinya dan langsung saya tarik,” lanjut Endro. Korban yang masih hidup kemudian dilarikan ke Puskesmas Ngargoyoso guna mendapatkan pertolongan medis.

Kepala Puskesmas Ngargoyoso Retno Sawartuti mengatakan, korban mengalami sesak nafas akibat tertimpa material longsoran. Kondisinya kini sudah membaik namun tetap memerlukan penanganan intensif.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7482 seconds (0.1#10.140)