Melatih Kesadaran Siswa Periksa Kesehatan Mata

Rabu, 18 Februari 2015 - 12:10 WIB
Melatih Kesadaran Siswa Periksa Kesehatan Mata
Melatih Kesadaran Siswa Periksa Kesehatan Mata
A A A
GUNUNGKIDUL - Para siswa hingga saat ini masih banyak yang merasa malu melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara berkala. PT Bank Central Asia (BCA Tbk) memulai memotivasi mereka dengan melatih kesadaran melakukan pemeriksaan kesehatan mata.

Berlokasi di SMPN 1 Karangmojo, melalui kegiatan CSR BCA, bank nasional terkemuka ini memberikan bantuan pemeriksaan mata. Tak hanya itu, CSR juga dilanjutkan dengan pemberian kacamata secara gratis. Head of CSR BCA Sapto Rachmadi mengungkapkan, pemberian bantuan pemeriksaan juga kacamata ini merupakan kepedulian BCA terhadap sekolah binaan BCA.

Terdapat 10 sekolah di DIY binaan BCA yang selalu diberikan motivasi memajukan bidang pendidikan setiap tahunnya. ”Ini rangkaian kegiatan sosial kami dalam rangka ulang tahun BCA ke-58. Jadi kami berikan pemeriksaan juga kacamata gratis bagi siswa dan guru di semua sekolah binaan,” paparnya kepada wartawan di sela-sela pemeriksaan mata di SMPN 1 Karangmojo, kemarin.

Dari studi American Academy of Ophtalmology, disebutkan usia 3–19 tahun, pemeriksaan mata harus dilakukan minimal satu kali dalam satu atau dua tahun. Perkembangan teknologi, terutama gadget juga memicu rangsangan di mata sehingga pemeriksaan mata menjadi hal wajib yang dilakukan.

”Saat ini anak-anak sudah ketergantungan dengan gadget, jadi kerja mata semakin berat, maka perlu pemeriksaan,” ucapnya. Selain di DIY, pihaknya juga memberikan hal yang sama di Lampung dan Serang, Banten. ”Total kami sediakan 1.000 kacamata untuk siswa dan guru,” beber Sapto.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BCA Kantor Cabang Utama Yogyakarta Sabar Purnomo menjelaskan, awalnya para siswa merasa takut dan malu melalukan pemeriksaan. Setelah dijelaskan, mereka baru bersemangat memeriksakan matanya. ”Ini terus kami kembangkan, BCA ingin selalu bersama masyarakat untuk berbagai kepada sesama,” katanya.

Suharjono
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5836 seconds (0.1#10.140)