Klenteng Kun An Tong Berbenah

Senin, 16 Februari 2015 - 11:50 WIB
Klenteng Kun An Tong Berbenah
Klenteng Kun An Tong Berbenah
A A A
KUNINGAN - Pengurus Yayasan Tridharma Klenteng Kun An Tong Kuningan tengah sibuk memersiapkan perayaan Tahun Baru Imlek dengan bersih-bersih dan menghias lingkungan klenteng dan altar serta persiapan kegiatan bhakti sosial.

Seperti yang terlihat kemarin, sejumlah pengurus klenteng ada yang menata lampion di pintu gerbang sedangkan sebagian lagi tengah sibuk menyusun paket-paket sembako yang akan dibagikan pada Senin dan Selasa pagi. “Kegiatan bersih-bersih altar sudah
dilakukan kemarin, kini tinggal menghias gerbang dan sekeliling klenteng agar lebih semarak.,” kata Ketua pengurus Klenteng Kun An Tong Toto Heryanto, kemarin.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan klenteng, kata Toto, merupakan kebiasaan rutin setiap menjelang perayaan Imlek. Hal ini bertujuan untuk menyemarakkan perayaan tahun baru China agar lebih bersih dan jemaat klenteng bisa lebih khidmat saat melakukan sembah yang pada malam pergantian tahun nanti.

Dijelaskan Toto, terdapat delapan patung dewa yang ada di Klenteng Kun An Tong. Di antaranya Dewa Bumi atau Kotek Ceng Sin, Dewi Kwan Im sebagai dewa welas asih dan Dewa Kwan Kong yaitu dewa pelindung perdagangan. Selain melakukan bersih bersih, lanjut Hendra, pihaknya juga akan menggelar kegiatan sosial membagi-bagikan paket sembako kepada masyarakat miskin di sejumlah daerah di Kabupaten Kuningan.

Tak hanya bagi warga keturunan, pembagian sembako juga disalurkan kepada warga pribumi yang membutuhkan. “Paket sembako tersebut berasal dari hasil sumbangan warga Tionghoa yang memiliki usaha di Kuningan juga perantauan. Mulai besok (hari ini)
pembagian sembako akan dilakukan di 27 desa di wilayah timur Kuningan.

Sedangkan untuk masyarakat miskin di sekitar klenteng akan dilakukan keesokan harinya yaitu pada hari Selasa pagi sekitar pukul 09.00 WIB,” ujar pria paruh baya yang memiliki nama Tionghoa Poey Lok Tek tersebut. Tahun Baru Imlek 2566 yang jatuh
pada 19 Februari 2015 nanti, kata Toto, masuk pada Tahun Shio Kambing.

Menurut dia, di tahun tersebut sangat cocok untuk kelangsungan usaha terutama yang berhubungan dengan perdagangan. “Tahun Kambing sangat bagus untuk kelangsungan bisnis atau dagang. Yang terpenting pelihara nama baik dan pertimbangkan secara masak-masak setiap akan mengambil keputusan serta jangan cepat puas dengan hasil yang sudah diraih,” pesan Toto.

Mohamad Taufik
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6060 seconds (0.1#10.140)