Parkir Pasar Berastagi Tak Diurus

Senin, 16 Februari 2015 - 10:37 WIB
Parkir Pasar Berastagi...
Parkir Pasar Berastagi Tak Diurus
A A A
KARO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo hingga saat ini belum memaksimalkan fasilitas -fasilitas pendukung pariwisata, terutama di Kota Berastagi.

Misalnya saja keberadaan pelataran parkir Taman Open Stage Mejuah–juah yang tidak jauh dari pasar buah Berastagi. Pengamatan KORAN SINDO MEDAN, Minggu (15/2), kondisi jalan kupak–kapik, berlubang, serta digenangi air merupakan pemandangan yang biasa terlihat di pelataran parkir.

Namun, di lahan yang mampu menampung puluhan hingga ratusan kendaraan roda empat dan dua itu hingga saat ini kondisinya tidak pernah diperbaiki. Hal tersebut diperparah dengan tidak adanya sistem drainase yang baik. Jadi, apabila musim penghujan tiba, genangan air menimbulkan aroma tidak sedap.

Menurut salah seorang pelaku usaha yang ditemui di lokasi, Anto, 38, rusaknya akses jalan di pelataran parkir Taman Open Stage Mejuah-juah sudah berlangsung tahunan dan tidak pernah mendapat perhatian Pemkab Karo. “Setahu saya sudah lebih tiga tahun tak pernah mendapat perbaikan. Parit juga tidak ada di lokasi pelataran parkir ini, sehingga apabila hujan air langsung tergenang dan becek. Tidak sedikit tamu (wisatawan) yang mengeluhkan hal itu,” katanya, kemarin.

Lebih lanjut Anto mengatakan, sangat berharap Pemkab Karo memperhatikan dan memperbaiki akses jalan di lokasi itu. Sebab, apabila terus– menerus dibiarkan, dirinya sangat yakin akan mengurangi minat wisatawan berkunjung. “Kalau tak segera dibenahi, yang kami khawatirkan para wisatawan akan berkurang,” ujarnya.

Terpisah, seorang wisatawan asal Siantar, Robinson, yang ditemui di lokasi yang sama mengeluhkan kondisi pelataran parkir tersebut. Menurutnya, kota wisata Berastagi sudah selayaknya memiliki fasilitas- fasilitas pendukung yang memadai. Sia-sia saja, kata dia, Kota Berastagi yang memiliki udara sejuk khas pegunungan yang diminati wisatawan, fasilitas pendukungnya kurang memadai.

Ketika dikonfirmasi, Kabid Bina Marga, Dinas PUD Karo, Paksa Tarigan, tidak mau menerima sambungan telepon seluler saat dihubungi. SementaraKadis Kominfo Kabupaten Karo, Agustin, ketika dihubungi belum dapat berkomentar karena sedang berada di luar kota. “Maaf saya belum bisa komentar, karena saya masih di Bandung, nanti saya coba cari data,”ujarnya via pesan singkat (SMS).

Riza pinem
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1779 seconds (0.1#10.140)