Wali Kota Rujuk Siti ke Rumah Sakit

Kamis, 12 Februari 2015 - 12:20 WIB
Wali Kota Rujuk Siti ke Rumah Sakit
Wali Kota Rujuk Siti ke Rumah Sakit
A A A
MEDAN - Harapan Siti Mutmaina, 24, untuk hidup normal, mulai terwujud. Setelah belasan tahun, kedua kakinya mengalami pembengkakan seperti penyakit kaki gajah (Elephantiasis), kini dia dirawat di Rumah Sakit Murni Teguh, Jalan Jawa, Medan.

Gadis yang bermukim di Gang Pendidikan, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan itu mendapat perhatian Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, yang kemarin datang menjenguknya. Sejumlah warga, terutama kalangan ibu-ibu, tampak terharu dan menitikkan air mata ketika melihat Eldin membantu Siti menuju rumah sakit.

Selama ini warga hanya bisa pasrah dan prihatin dengan penderitaan yang dialami putri bungsu pasangan Abdul Rahim (alm) dan Misnah, 70. Kemiskinan membuat penyakit yang diidap Siti sejak berusia sepuluh tahun itu tidak kunjung mendapatkan perawatan medis secara intensif. Akibatnya, penyakit Siti pun semakin parah.

Selain kedua kakinya mengalami pembengkakan, kini dari paha kirinya tumbuh daging yang lama kelamaan membesar sehingga menyulitkannya beraktivitas. Karena itulah warga mengapresiasi kemurahan hati wali kota yang membawa Siti ke RS Murni Teguh. Dengan bantuan yang diberikan wali kota itu, warga berharap penyakit Siti sembuh.

“Semoga upaya yang dilakukan Pak Wali Kota dapat menyembuhkan penyakit Siti,” kata salah seorang ibu sambil mengusap air mata yang membasahi pipinya. Ketika Eldin tiba di kediamannya, Siti duduk di lantai yang dilapisi ambal lusuh ditemani ibunda tercinta. Meski penyakit yang dideritanya tergolong parah, wajahnya tidakmenyiratkan rasasakitsedikitpun.

Siti tampak tegar dan ikhlas menerima penyakit yang telah menggerogoti kedua kakinya tersebut. Sikap Siti itu sontak memantik rasa haru wali kota, tanpa berkata panjang, mantan sekda Kota Medan itu langsung mengajak Siti mengobati penyakitnya ke rumah sakit. Siti langsung mengamini ajakan wali kota. Dia berusaha berdiri dibantu Camat Medan Marelan, Parlindungan Nasution.

Siti dibawa menggunakan mobil milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan diiringi mobil Eldin di belakang. Sebelum meninggalkan lokasi, Eldin mengatakan upaya yang dilakukannya ini untuk membantu mengurangi beban orang tua Siti. “Kami bawa Siti berobat ke RS Murni Teguh agar mendapatkan perawatan intensif.

Kami berharap dengan tenaga medis yang dimiliki, penyakit Siti bisa diobservasi dan disembuhkan,” kata Eldin. Sementara itu, dr Robin yang ikut mendampingi wali kota membawa Siti ke rumah sakit menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan awal, penyakit yang diidap gadis malang itu mengalami pembengkakan pada kedua kakinya. Jika melihat gejalanya, diduga Siti mengidap penyakit kaki gajah (Elephantiasis).

Lia anggia nasution
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0294 seconds (0.1#10.140)