Alasan Tim Ekspedisi NKRI Menjelajahi Karangasem

Minggu, 08 Februari 2015 - 16:29 WIB
Alasan Tim Ekspedisi NKRI Menjelajahi Karangasem
Alasan Tim Ekspedisi NKRI Menjelajahi Karangasem
A A A
DENPASAR - Kabupaten Karangasem menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang akan dijelajahi oleh Tim Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apa alasannya?

Menurut Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Ruslian Hariadi, terpilihnya Karangasem sebagai tempat ekspedisi antara lain karena jumlah penduduk di kabupaten tersebut masih sedikit. Selain itu, daerah yang paling kering di Bali itu juga termasuk kabupaten termiskin se-Bali.

"Rata-rata kabupaten dan kota di Bali ini sudah banyak penduduknya, hanya Karangasem saja yang penduduknya sedikit. Mungkin saja orang pusat memutuskan memilih Karangasem juga karena angka kemiskinannya juga masih tinggi," ujarnya di Denpasar, Bali, Minggu (8/2/2015).

Hal itu berbeda dengan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Di kedua provinsi tersebut, ada delapan kabupaten yang dijadikan sebagai tempat ekspedisi Tim Ekspedisi NKRI. Hal itu karena di kedua provinsi itu masih banyak kabupaten yang terpinggirkan dan masih banyak yang belum digali. Jumlah penduduknya pun masih sedikit.

Ruslian mengatakan, masih banyak yang perlu digali di Karangasem, misal dari segi kebudayaan dan adat istiadat. "Kami dari tim Kodam Udayana juga mengerahkan beberapa personel untuk ekspedisi NKRI kali ini."

Dia menambahkan, yang mengikuti ekspedisi ini berasal dari TNI, Polri, mahasiswa, dan peneliti atau ahli dari berbagai universitas di Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten Karangasem menjadi tujuan ekspedisi Tim Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Koridor Nusa Tenggara di Provinsi Bali. Ekspedisi akan dimulai Februari hingga Juni 2015.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5460 seconds (0.1#10.140)