Puluhan Rumah di Jalan Bromo Ludes Terbakar

Sabtu, 07 Februari 2015 - 10:31 WIB
Puluhan Rumah di Jalan...
Puluhan Rumah di Jalan Bromo Ludes Terbakar
A A A
MEDAN - Sebanyak 50 unit rumah di permukiman padat penduduk di Jalan Bromo dan Jalan Menteng II Gang Blerong, Medan Denai, musnah terbakar, tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Dinas Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran (P2K) Kota Medan yang mengerahkan 20 armadanya baru berhasil menjinakkan si jago merah sekitar dua jam. Petugas kesulitan memadamkan api karena rumah- rumah tersebut berada di gang sempit dan jalanan menuju ke lokasi kebakaran mengalami macet total. “Selain itu, api cepat merembet karena rata-rata rumah terbuat dari papan atau semipermanen,” ujar Kepala Dinas P2K Kota Medan, Marihot Tampubolon saat ditemui KORAN SINDO MEDAN di lokasi kejadian.

Menurut dia, hingga berita ini diturunkan, mereka belum bisa memastikan jumlah rumah yang terbakar dan kerugian warga. Penyebab kebakaran juga belum bisa dipastikan. “Saat ini masih dilakukan pendinginan karena masih ada bara api. Kami ingin memastikan api benar-benar sudah padam dan tidak menyebar ke tempat lain. Setelah itu, baru kami data jumlah rumah dan kerugiannya. Berdasarkan laporan yang kami dapat saat ini, tidak ada korban jiwa,” kata Marihot.

Dia juga menjelaskan, sebenarnya petugas pemadam kebakaran langsung sampai beberapa menit di lokasi kebakaran begitu mendapat informasi dari warga. Sayangnya, permukiman tersebut rapat-rapat dan bangunannya memang cepat terbakar. “Namanya rumah papan dan tepas, jadi lima menit saja api sudah menyebar ke rumah yang lainnya. Padahal sudah kami turunkan semua unit armada yang ada di UPT (unit pelayanan teknis), kecuali Belawan,” ujarnya.

Seorang warga, Udin, 50, membenarkan rumah-rumah warga di kawasan kebakaran rata-rata terbuat dari papan dan tepas. Berdasarkan informasi yang diterimanya, kebakaran bermula dari salah satu rumah yang akrab disapa Tek Gulo. “Awalnya, kami lihat asap saja. Tidak tahu penyebab kebakarannya apa, suara ledakan tidak ada. Tapi diduga korsleting listrik,” kata dia.

Camat Medan Denai, Hendra Asmilan menuturkan, sementara ini warga korban kebakaran ditampung di Gedung Balairung Minang yang berada di sekitar lokasi.

Siti Amelia, Reza Shahab
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0923 seconds (0.1#10.140)