Parit Jalan Sei Musi Dibersihkan

Jum'at, 06 Februari 2015 - 11:51 WIB
Parit Jalan Sei Musi Dibersihkan
Parit Jalan Sei Musi Dibersihkan
A A A
MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengeruk drainase di Jalan Sei Musi dan Jalan Sei Ular Baru, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Sunggal. Meskipun tidak begitu buruk, Dinas Bina Marga tetap membersihkan drainase tersebut guna mengantisipasi banjir.

Tim dari Dinas Bina Marga Medan menurunkan peralatan semi berat seperti bachoe dan skopel kecil, ditambah peralatan manual yang dipergunakan para pekerja. Pengerukan ini mendapat perjatian Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, yang datang meninjau lokasi bersama Kepala Dinas Bina Marga, Khairul Syahnan; dan Camat Medan Sunggal, Fahri Matondang, kemarin.

Pada kesempatan itu, Dzulmi Eldin mengatakan, pengerukan drainase ini selain menurunkan petugas Bina Marga juga dibantu masyarakat dan perangkat yang ada di Kelurahan Babura dan Kecamatan Medan Sunggal. Pengerukan parit ini dilakukan dengan bergotong royong. Menurutnya, saat ini Pemko Medan sedang giat melakukan pembenahan dan pengorekan drainase untuk mengatasi genangan air.

Selain itu, curah hujan yang deras membuat debit air semakin bertambah sehingga air yang dari penampang tersebut masuk kembali ke drainase. “Masuknya air dari penampang ke drainase menimbulkan genangan air. Tapi genangan air yang terjadi ini tidak lama selang satu jam kembali surut. Inilah yang akan dipolakan dan nantinya disampaikan bagaimana mengatasi hal ini,” ujar Eldin.

Dia menambahkan, penutupan parit/drainase yang dilakukan warga ini sengaja dibongkar dan selanjutnya dilakukan pemetaan kembali. Pemko Medan segera membuat surat edaran kepada masyarakat agar tidak membeton parit kembali. “Kami akan membongkar semua pembetonan parit yang tidak sesuai itu dan akan menatanya kembali,” ujar Eldin.

Dzulmi Eldin didampingi Kadis Perhubungan, Redward Parapat; dan Kadis Bina Marga, Khairul Syahnan, juga meninjau pengerukan drainase di Jalan Dajam simpang Jalan Rotan. Pengerukan drainase ini dikarenakan tersumbat sehingga arus air tidak lancar dan menimbulkan genangan air.

Selain itu, satu unit bangunan yang dibangun di atas parit dibongkar, tepatnya disimpang Jalan Orion. Dzulmi Eldin juga mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membangun bangunan di atas parit karena ini melanggar aturan yang ada.

“Saya minta kepada penghuni rumah tidak membangun lagi bangunan yang dibongkar, dan meminta kepada masyarakat lainnya agar tidak melakukan seperti itu,” ucap Eldin.

Lia Anggia Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5492 seconds (0.1#10.140)