Garuda Buka Rute Kualanamu-Lhoksumawe

Kamis, 05 Februari 2015 - 11:39 WIB
Garuda Buka Rute Kualanamu-Lhoksumawe
Garuda Buka Rute Kualanamu-Lhoksumawe
A A A
MEDAN - Sehari setelah sukses membuka rute penerbangan Bandara Internasional Kualanamu (KNIA)–Bandara Cut Nyak Dien, Meulaboh, Aceh, Garuda Indonesia kembali membuka rute baru, yakni KNIA-Malikul Saleh, Lhokseumawe, Aceh Utara.

Penerbangan perdana kemarin menggunakan pesawat ATR 72-600 Explore It. Alasan dibukanya rute baru tersebut dikarenakan prospek penumpang yang menggunakan angkutan udara di Lhokseumawe cukup besar. Vice President Garuda Indonesia Regional I, M Rizal Pahlevi, mengungkapkan, sebagai kabupaten yang memiliki potensi kekayaan alam yang besar, membuat pertumbuhan ekonomi di Aceh Utara bakal berkembang dengan cepat.

“Terlebih saya telah mendengar informasi dari pusat bahwa Freeport akan membuka pertambangan baru di Aceh Utara. Dengan demikian, prospek penumpang maskapai penerbangan akan lebih banyak lagi. Untuk itu, Garuda Indonesia telah mempersiapkan segala sesuatunya mulai sekarang,” ungkap M Rizal sebelum meresmikan penerbangan rute baru Kualanamu-Malikul Saleh, di KNIA, kemarin.

Menurut M Rizal, dibukanya rute baru tersebut juga untuk menjawab permintaan pasar di Lhokseumawe. Sebelum Garuda membuka rute baru tersebut, perseroan telah melakukan survei dan ternyata potensi traffic Aceh Utara cukup menjanjikan. Untuk itu, Garuda Indonesia berani memasang target lebih dari 60% terisi dari total 70 kapasitas kursi penumpang setiap kali penerbangan.

Sebagai tahap awal, Garuda Indonesia melakukan empat kali penerbangan dalam sepekan untuk melayani rute Kualanamu– Lhokseumawe tersebut. “Untuk mencapai target tersebut, kami butuh penetrasi pasar. Namun, kami optimistis mampu mencapai target tersebut. Dibukanya rute baru tersebut sebagai wujud nyata bahwa Garuda Indonesia berperan aktif mengembangkan ekonomi di kawasan remote area,” ucapnya.

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaif, beserta unsur Muspida Aceh Utara menyambut langsung kedatangan Garuda Indonesia ATR 72-600 mendarat perdana di Bandara Malikul Saleh, kemarin. Kedatangan rombongan inaugurate flight Garuda Indonesia dari Medan disambut dengan tarian daerah Aceh.

Muhammad Thaif mengungkapkan, kini mimpi masyarakat Aceh Utara telah terwujud. Pasalnya, masyarakat Aceh Utara sendiri telah lama mendambakan sejumlah maskapai penerbangan masuk ke wilayah yang terkenal dengan kekayaan alamnya itu. “Kami telah memimpikan hal ini terjadi. Hari ini, mimpi itu terwujud. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia yang telah membuka rute baru ke Bandara Malikul Saleh ini,” ungkapnya.

Untuk mengembangkan penerbangan Garuda Indonesia tersebut, Muhammad Thaif meminta kepada Garuda Indonesia tidak hanya melakukan penerbangan empat kali dalam sepekan, namun mampu melakukan penerbangan sebanyak tiga kali dalam satu hari. “Kalau bisa, tiga kali sehari. Soalnya pangsa pasar penumpang pesawat dari Aceh Utara ini cukup besar,” paparnya.

Usai acara seremoni, Muhammad Thaif bersama rombongan dari Aceh Utara langsung mencoba Garuda Indo-nesia take off perdana dari Bandara Malikul Saleh tersebut menuju KNIA.

Dicky Irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3199 seconds (0.1#10.140)