Jalan Rusak Kepung Deliserdang

Kamis, 05 Februari 2015 - 11:39 WIB
Jalan Rusak Kepung Deliserdang
Jalan Rusak Kepung Deliserdang
A A A
LUBUKPAKAM - Sejumlah warga Kabupaten Deliserdang mengeluhkan kerusakan jalan yang terjadi di daerah itu karena sudah sangat mengganggu aktivitas warga dan pengendara .

Dia juga tidak mengerti mengapa pemerintah belum juga melakukan perbaikan. Kumala, 34, warga Deliserdang, mengatakan, Pemkab Deliserdang terkesan kurang peduli dengan banyaknya infrastruktur jalan kecamatan yang rusak parah. Padahal, bagus tidaknya kondisi jalan sangat berpengaruh terhadap kelancaran transportasi pengangkutan hasil pertanian maupun hasil laut ke pusat-pusat kota.

Misalnya jalan di sekitar Kecamatan Percut Sei Tuan, Pantai Labu, maupun di beberapa kecamatan lainnya yang kondisinya sudah cukup banyak berlubang, sehingga sangat mengganggu jalur transportasi pengangkutan hasil alam ke pusat ibu kota kabupaten. “Padahal, jalan-jalan kecamatan tersebut juga banyak dijadikan jalan alternatif bagi sejumlah warga untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) terutama pada harihari libur,” ucapnya.

Dedi, 40, warga Deliserdang lainnya mengatakan, terkait banyaknya jalan yang rusak tersebut, pemkab setempat seolah tutup mata dengan kondisi yang terjadi. Demikian juga dengan kalangan legislatif. Kalangan legislatif seharusnya bisa menanyakan kepada pemkab, mengapa masih banyak jalan- jalan yang rusak, padahal kabupaten itu berulang kali meraih penghargaan dari pusat pada berbagai bidang.

Apalagi Deliserdang merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kota Medan yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara. Terlebih terdapat bandara berkelas internasional yakni Kualanamu Internastional Airport (KNIA). Artinya, lanjut dia, dengan adanya bandara tersebut, tentunya harus juga diimbangi oleh pemerintah daerah setempat dengan pembangunan infrastruktur jalan yang memadai, sehingga akan memperlancar jalur transportasi.

“Jangan hanya jalan-jalan yang di kota saja yang dibenahi, jalan kecamatan juga harus dibenahi. Sebab, kalau semua jalan sudah bagus, akan semakin mempercepat kemajuan perekonomian di daerah ini,” katanya. Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Deliserdang, Irman Dj Oemar, mengklaim jalan rusak di Kabupaten Deliserdang tinggal 40% lagi yang belum diperbaiki.

Irman Dj Oemar mengatakan, panjang jalan kabupaten sejauh 3.575 kilometer (km) dengan kondisi bagus 60%. “Kondisi jalan yang rusak 225,621 km, dan secara bertahap penanganan dengan pemeliharaan rutin sudah mulai ditangani,” ujarnya saat dikonfirmasi. Dikatakannya, untuk peningkatan dan pemeliharaan jalan akan dilakukan pelelangan.

“Sedangkan program peningkatan jalan direncanakan akan dilakukan pelelangan pada Februari,” ungkapnya. Saat disinggung lokasi perbaikan mana saja yang akan dikerjakan, Irman mengaku masih harus didata ulang. “Sedang didata, nanti dulu,” ucapnya.

M Andi Yusri/ ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)