Pemkot Segera Luncurkan SMS Broadcast

Rabu, 04 Februari 2015 - 13:13 WIB
Pemkot Segera Luncurkan SMS Broadcast
Pemkot Segera Luncurkan SMS Broadcast
A A A
YOGYAKARTA - Pemkot Yogyakarta segera meluncurkan layanan SMS broadcast. Layanan ini berfungsi mempercepat penyampaian informasi kepada masyarakat baik informasi wajib maupun sekadar imbauan.

Kepala Bagian Humas dan Informasi Pemkot Yogyakarta Tri Hastono mengungkapkan, keberadaan SMS broadcast sekaligus berfungsi untuk menyapa masyarakat Yogyakarta. “Dengan layanan baru ini, informasi ke publik juga akan lebih cepat tersampaikan,” ucapnya, kemarin.

Pria yang akrab disapa Kelik ini mengatakan, SMS broadcast sesuai dengan UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Di mana SMS berfungsi menyebarluaskan informasi bersifat wajib dan serta merta di sampaikan. Seperti tentang kebencanaan, kesehatan, atau perang yang harus segera disebarkan ke masyarakat.

SMS broadcast, kata dia, nantinya juga berisi informasi reguler. Jika ada regulasi baru atau info penting untuk masyarakat, bisa langsung diinformasikan melalui SMS. Imbauan seperti peringatan mewaspadai demam berdarah juga akan dioptimalkan melalui SMS broadcast.

“Saat masuk pancaroba nanti bisa mengimbau masyarakat untuk mewaspadai genangan air. Atau pada kondisi tertentu misalnya, meminta masyarakat untuk waspada dan seterusnya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus mengumpulkan nomor-nomor warga Kota Yogyakarta yang akan men jadi sasaran. Sejauh ini, sudah terkumpul 3.679 nomor ponsel aktif warga Kota Yogyakarta yang didapatkan dari kelurahan. Pihaknya menargetkan paling tidak bisa mendapatkan 10.000 nomor. “Layanan ini nantinya akan dikembangkan juga keorganisasi masyarakat dan kelompok informasi masyarakat, sehingga informasi bisa disebarluaskan lagi,” katanya.

Dia menambahkan, nantinya dalam sebulan paling tidak akan ada empat pesan yang di kirim melalui layanan ini. “Kami bekerja sama dengan operator sehingga harganya juga pasti tidak akan sama dengan pesan reguler. Tapi untuk setahun, kami menganggarkan Rp36 juta,” tandasnya.

Sodik
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0354 seconds (0.1#10.140)