Jalan Kartini-Gajah Dilanjutkan April

Senin, 02 Februari 2015 - 11:04 WIB
Jalan Kartini-Gajah Dilanjutkan April
Jalan Kartini-Gajah Dilanjutkan April
A A A
SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang akan kembali melanjutkan proses penyelesaian pembangunan jalan tembus Kartini-Gajah di Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Setelah selesai pembangunan tahap I, yakni penyambungan Jembatan Kartini, rencananya pelaksanaan proyek akan kembali dimulai April mendatang. Kepala Bidang Pemanfaatan Jalan dan Jembatan yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Jalan Tembus Kartini- Gajah, Sukardi mengatakan, saat ini proses lanjutan dari proyek itu masuk tahap pelelangan.

“Diharapkan proses lelang lancar sehingga proyek dapat segera dilanjutkan. Kami targetkan April sudah mulai dikerjakan,” katanya. Untuk keperluan proyek tersebut, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp11 miliar. Uang itu nanti digunakan untuk pengaspalan jalan, pembuatan saluran, dan trotoar. “Itu masuk anggaran murni tahun 2015 ini. Dana tersebut nanti digunakan untuk menyelesaikan proyek itu,” katanya.

Disinggung mengenai ada bangunan yang belum dibebaskan, Sukardi membenarkan masih ada satu bangunan yang belum selesai. Pihaknya masih terus mencoba bernegosiasi dengan pemilik bangunan itu. “Ini masih kami lakukan negosiasi, kami harap saat proyek di-laksanakan proses pembebasan lahan selesai sehingga tidak menghambat pengerjaan proyek,” katanya.

Meskipun belum selesai 100%, tapi jalan tembus Kartini- Gajah sudah ramai dilalui pengendara. Ratusan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, terlihat hilir mudik di jalan yang baru dilapisi batu kasar itu. Salah satu pengendara, Ariswanto, 35, warga Telogosari Semarang mengaku, meski belum selesai, pihaknya memilih melintas jalan baru itu dibanding melalui Jalan Brigjen Katamso.

Sebab jalan baru tersebut dinilai lebih dekat dan lebih efektif. “Yang jelas lancar tidak ada macet. Meski belum selesai, tapi setiaphari setelahJembatanKartini terhubung, saya selalu lewat jalanini,” kata karyawan swasta di Kawasan Simpanglima ini. Ariswanto juga berharap proses pengerjaan jalan tembus Kartini-Gajah segera dirampungkan.

Hal itu demi kelancaran lalu lintas di kawasan itu. “Kami juga berharap proses negosiasi antara Pemkot Semarang dengan salah satu pemilik bangunan yang hingga saat ini belum selesai dapat menemukan titik terang, sehingga proses pembuatan jalan segera diselesaikan.

“Sudah lama kami menantikan jalan ini, karena ini jawaban atas keluh kesah kami mengenai permasalahan kemacetan di Kota Semarang, khususnya Jalan Brigjen Katamso,” katanya.

Andika Prabowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7634 seconds (0.1#10.140)