Menteri Pertanian Tepati Janji Perbaiki Irigasi Sergai

Jum'at, 30 Januari 2015 - 13:24 WIB
Menteri Pertanian Tepati Janji Perbaiki Irigasi Sergai
Menteri Pertanian Tepati Janji Perbaiki Irigasi Sergai
A A A
SEI RAMPAH - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, menepati janjinya memperbaiki jaringan irigasi di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai).

Buktinya, peletakan batu pertama perbaikan irigasi dilakukan Bupati Sergai, Soekirman, di Desa Pematang Guntung, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (29/1). Hadir juga Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumut (Provsu), M Roem; Kepala Bakorlu Pertanian dan Perikanan Provsu, Bonar Sirait; Kadis PSDA Provsu, Dinsyah dan mewakili Dandim O204 DS.

“Terima kasih kepada Bapak Mentan Andi Amran Sulaiman. Perbaikan ini adalah realisasi janjinya ketika berkunjung ke sini akhir November 2014 lalu,” kata Soekirman di sela-sela kegiatan. Proyek yang dikelola instansi Provsu, bekerja sama dengan TNI AD Kodim 0204/D Situ akan memperbaiki saluran irigasi tersier dan sekunder sepanjang lima kilometer.

Irigasi yang diperbaiki mulai dari pintu air Sungai Ular di MIL18, di Desa Suka Jadi, Kecamatan Tanjung Beringin, hingga Desa Bogak Besar di Kecamatan Teluk Mengkudu. Perbaikan dengan menaikkan status irigasi dari tersier ke sekunder diharapkan berdampak positif pada 1.850 hektare (ha) lahan persawahan.

Jumadi, Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Maju Bersama, menyatakan rasa terima kasihnya. “Rusaknya irigasi selalu banjir kalau musim hujan, sehingga petani sering bolak-balik menanam lagi karena bibitnya rusak terendam,” katanya.

Kadis Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sergai, Prihatinah Sagala, mengungkapkan, perbaikan itu tidak hanya irigasi. Namun, akan diikuti perbaikan saluran buang sepanjang tujuh kilometer dari irigasi itu di Bogak Besar hingga tembus ke Selat Malaka.

Erdian Wirajaya
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2393 seconds (0.1#10.140)