Mal BIP Terbakar

Kamis, 29 Januari 2015 - 11:50 WIB
Mal BIP Terbakar
Mal BIP Terbakar
A A A
BANDUNG - Ribuan pengunjung mal Bandung Indah Plaza (BIP) di Jalan Merdeka berhamburan keluar setelah kebakaran terjadi di lantai dua sekitar pukul 11.30 WIB kemarin. Tak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Pantauan KORAN SINDO, pengunjung beserta para pekerja mal berhamburan keluar mal, evakuasi dibantu security untuk mengevakuasi pengunjung, menghindari timbulnya korban jiwa akibat kejadian tersebut. Mobil pemadam kebakaran di Kota Bandung langsung diterjunkan untuk memadamkan api di lantai dua. Seorang saksi mata yang juga security BIP B Andhika mengatakan, kebakaran tersebut diketahui pada pukul 11.30 WIB. “Mulanya ada percikan api dilantai dua, kemudian api merambat ke dinding bangunan di sebuah toko tas,” katanya.

Pihaknya lalu menggunakan alat pemadam api untuk memadamkannya. Selain itu, pihak manajemen pun mematikan arus listrik diseluruh gedung BIP. Marketing Communication BIP Andri Wibowo mengatakan, setelah mengetahui adanya percikan api di salah satu toko di lantai dua, pihaknya langsung melakukan pemadaman listrik. “Setelah titik api kami anggap aman, kami langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran untuk memastikan api benar-benar padam,” katanya.

Terkait kerugian material akibat kejadian tersebut, Andri masih belum dapat memastikan. Namun setelah api dipadamkan dan dilakukan pendinginan, siang harinya manajemen kembali membuka mal tersebut untuk umum. Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan, api berhasil dipadamkan oleh petugas internal BIP. Hal tersebut mendapatkan apresiasi dari Ferdi.

Dikatakan dia, pihaknya akan melakukan penyelidikan bersama kepolisian untuk menemukan titik awal adanya percikan api. Namun pihaknya mengindikasikan kebakaran tersebut berasal dari hubungan arus pendek air conditioner (AC) di toko tas di lantai dua Gedung BIP. “Diduga, api muncul dari AC di toko tas di lantai dua. Kami bersama pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab munculnya api,” ungkapnya.

Pihaknya mengatakan, api tersebut dapat dipadamkan oleh tim internal BIP dalam waktu tak kurang lebih dari 10 menit. Ferdi mengucapka terimakasih kepada tim tersebut yang cekatan berusaha me madamkan api. Kendati begitu, untuk memastikan api benar-benar padam, pihaknya melakukan pengecekan ulang dengan de teksi panas dan penyusuran serta pendinginan. “Pendi ngin an sendiri tak kurang lebih dari lima menit,” ujarnya.

Karena pada proses pendinginan tersebut terdapat genangan air, pihaknya mengimbau manajemen BIP tak menghidupkan listrik untuk sementara. Sebab apabila listrik dihidupkan dalam kondisi ada genangan air, ditakutkan hal itu menjadi penghubung arus listrik yang bisa menimbulkan percikan api akibat konsleting listrik.

Dalam upaya pemadaman kebakaran itu, Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kota Bandung menerjunkan tiga unit armada pemadam dan satu unit mobil rescue. Sekitar pukul 11.45 WIB, api pun berhasil dijinakan.

Agie Permadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7146 seconds (0.1#10.140)