Pura Besakih Dikepung Longsor

Rabu, 28 Januari 2015 - 15:03 WIB
Pura Besakih Dikepung Longsor
Pura Besakih Dikepung Longsor
A A A
DENPASAR - Pura Besakih di Kabupaten Karangasem, Bali, dikepung tanah longsor. Tanah longsor terjadi setelah hujan lebat mengguyur kabupaten paling kering di Pulau Bali, sejak Selasa (27/1/2015) malam hingga Rabu (28/1/2015).

Longsor terparah terjadi di sebelah selatan Pura Besakih yang merupakan satu-satunya akses menuju sejumlah pura lainnya yang berada di luar kompleks Pura Besakih, seperti Pura Pengubengan dan Pura Gelap.

Bahkan, untuk berjalan kaki menuju ke Pura utama juga kesulitan lantaran jalan tertutup lumpur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa menjelaskan, hingga saat ini dari BPBD masih melakukan pembersihan material longsoran di badan jalan.

"Evakuasi pembersihan lumpur yang menutupi badan jalan tidak dapat dilakukan secara manual, sehingga kami harus menerjunkan sejumlah alat berat di beberapa titik longsor," terangnya saat dihubungi via telepon, Rabu (28/1/2015).

Terkait hal tersebut, dirinya mengatakan dalam waktu satu minggu ini kemungkinan jalur yang biasanya dilewati oleh masyarakat tidak bisa digunakan.

"Sementara para pemedek (masyarakat yang datang untuk sembahyang) yang akan menuju pura di atas dialihkan menuju jalur Kunyit yang jarak tempuhnya cukup jauh."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6169 seconds (0.1#10.140)