Seperti Angkutan Kota, Gratis untuk Pengunjung

Sabtu, 24 Januari 2015 - 11:07 WIB
Seperti Angkutan Kota, Gratis untuk Pengunjung
Seperti Angkutan Kota, Gratis untuk Pengunjung
A A A
SEMARANG - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Kariadi Semarang menempati lahan yang cukup luas. Kondisi ini acap kali membuat letih para pengunjung yang harus berjalan kaki dari satu lokasi ke lokasi lain.

Untuk memudahkan akses ruang demi ruang rumah sakit, manajemen RSUP Dr Kariadi menyediakan mobil khusus untuk mengangkut pengunjung maupun pasien. Saat ini banyak pasien tinggal di rumah singgah yang berada di luar rumah sakit karena bangsal kerap penuh. “Mobil ini dinamakan mobil seltel atau mobil keliling yang siap melayani para pengujung,” kata Humas RSUP Dr Kariadi, Parna, Kamis (22/1).

Mobil seltel ini mirip angkutan kota beroda empat yang sedikit dimodifikasi, sehingga bisa membawa keliling pengunjung sekaligus pasien. Mobil layanan ini setiap hari beroperasi dari pukul 07.30- 21.00 WIB. Layanannya siap mengantar pengunjung di empat titik atau lokasi seperti menuju halaman fasilitas umum, rawat jalan, rawat darurat, dan tempat pavilium garuda. “Empat titik inilah yang sering dilalui oleh para pengunjung, baik pasien maupun yang menemani,” ujarnya.

Salah seorang sopir mobil seltel, Is Winarno, menuturkan layanan gratis ini terus ada setiap hari. Utamanya untuk mengangkut pasien luar kota yang menghuni rumah singgah untuk antre menunggu pemeriksaan. “Setiap hari saya selalu mengantar serta menjemput pasien yang tinggal di rumah singgah menuju lokasi rumah sakit,” ungkapnya.

Awalnya banyak pengujung yang mengira angkutan ini berbayar sehingga mereka takut ketika ingin meminta jasanya. Melihat kondisi itu, para sopir sepakat ketika bertugas selalu menawarkan secara gratis. “Dari situlah sampai sekarang mobil angkutan ini setiap hari jarang berhenti, selalu ramai dipadati baik pasien maupun pengunjung lainnya,” kata Is Winarno.

Salah seorang pengunjung RSUP Dr Kariadi, Subari, 27, menyambut positif adanya angkutan keliling gratis ini. Mobil itu sangat membantu para pengujung, apalagi bagi orang yang sakit dan lanjut usia (lansia). “Sangat memudahkan dan meringankan kami, apalagi rumah sakit ini memiliki area yang sangat luas, serta akses jalan yang padat oleh kendaraan,” katanya.

Sayang, mobil keliling yang dimiliki RSUP Dr Kariadi ini hanya satu unit sehingga banyak yang mengantre. “Saya berharap pihak RSUP Dr Kariadi bisa menambah menyediakan mobil angkutan ini, tidak hanya satu, tapi lebih sehingga para pengujung tidak terlalu lama ketika mengantre,” ucapnya.

Amin Fauzi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4389 seconds (0.1#10.140)