Pendekar Jabar Sumbang Tiga Emas

Rabu, 21 Januari 2015 - 11:06 WIB
Pendekar Jabar Sumbang Tiga Emas
Pendekar Jabar Sumbang Tiga Emas
A A A
BANDUNG - Para pendekar silat asal Jabar berhasil menyumbang tiga keping medali emas, satu perak dan satu perunggu untuk kontingen Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat XVI/2015 di Kota Phuket, Tahiland, 10-17 Januari lalu.

Tiga emas dari atlet Jabar masing-masing disumbang Wewey Wita di kelas C setelah mengalahkan pesilat Vietnam. Lalu, Selly Andriyani yang mengandaskan perlawanan pesilat Singapora di kelas D. Serta trio Nunu Nugraha, Asep Yuldan, dan Anggi Faisal yang berhasil mengumpulkan nilai tertinggi dan meraih emas di nomor regu putra. Sedangkan medali perak diraih Eldiansyah yang turun di kelas I putra dan medali prunggu disumbang Nirmalasari di kelas B putri.

Keseluruhan kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum setelah meraih sembilan medali emas, enam perak, dan tiga perunggu. “Prestasi para pesilat Jabar di Kejurdun ini tentu saja menjadi modal kita untuk terus melakukan pembinaan dalam rangka mewujudkan Jabar Kahiji pada PON XIX/2016,” kata Sekretaris Umum Pengda Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia (IPSI) Jabar Dede Iman Nurgana kepada KORAN SINDO, kemarin.

Dede menuturkan, para pesilat Jabar yang tergabung di Pelatnas Prima yaitu Wewey, Selly dan Nirmala akan kembali masuk kamp konsentrasi di Jakarta. Sedangkan atlet lainnya akan masuk Pelatda PON Jabar yang rencananya digelar awal Februari. Dia mengaku, Pengprov IPSI Jabar telah melakukan pembinaan prestasi sejak usainya gelaran PON XVIII/2012 di Riau.

Pesilat Jabar yang tampil pada PON 2012 terus dibina baik melalui pengcab masing-masing kota/kabupaten maupun melalui pelatda Jabar. Pada tahapan kedua, para atlet dan pelatih diterjunkan melalui berbagai gelaran kejuaraan di tingkat nasional. Menuju PON XIX/2016 nanti, pihaknya sudah menyiapkan road mappembinaan prestasi sampai dengan pemetaan raihan prestasi dan juga pemetaan daerah atau atlet pesaing.

“Saat ini sudah memasuki tahap ketiga dimana kami mulai memadukan pesilat PON 2012, hasil Porda Jabar XII/2014,” pungkasnya.

Panji Qadhafi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6070 seconds (0.1#10.140)