Sambangi Kalbar, Menhut Dicurhati Orang Utan

Selasa, 20 Januari 2015 - 10:58 WIB
Sambangi Kalbar, Menhut Dicurhati Orang Utan
Sambangi Kalbar, Menhut Dicurhati Orang Utan
A A A
KALIMANTAN - Saat menyambangi Kalimantan Barat, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya mendapat pengaduan soal penanganan orang utan.

Dalam pertemuan di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar, Senin malam (19/1/2015), Siti Nurbaya mendengar permasalahan yang dihadapi. Disini pemerhati lingkungan berharap pemerintah ikut mempertahankan kesinambungan lingkungan hidup alam dan hutan adat masyarakat Kalbar.

"Kita akan cari jalan keluarnya secara bersama-sama bagaimana menyelesaikan permasalahan yang dialami ini," jelas Siti.

Salah satu peristiwa yang sempat menghebohkan pada saat itu adalah hewan yang dilindungi yaitu orang utan masuk kepemukiman warga. Kondisi ini terjadi karena habitat asli orang utan dibabat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Sebenarnya yang harus diperhatikan adalah para perambah hutan dan perusahaan agar lebih memperhatikan lingkungan sekitar. Jangan sampai satwa-satwa yang dilindungi merasa terancam sampai lari ke daerah pemukinan yang membuat akhirnya hewan dilindungi menjadi punah bahkan sampai dibakar apalagi dikonsumsi," tambah siti.

Perusahaan yang berbuat salah sampai merusak hutan lindung pasti akan ditindak tegas bahkan tak jaran dicabut izin operasionalnya.

"Perusahaan juga harus memperdayakan masyarakat sekitar lingkungannya, namun kita harapkan agar mereka tak hanya mengolah kayu tapi memproses hasil dari kayu," kata Siti.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6542 seconds (0.1#10.140)