Cuaca Buruk, KMP Siginjai Merugi

Selasa, 20 Januari 2015 - 10:45 WIB
Cuaca Buruk, KMP Siginjai Merugi
Cuaca Buruk, KMP Siginjai Merugi
A A A
JEPARA - Cuaca buruk yang melanda perairan Jepara hingga Karimunjawa sejak awal Januari tahun ini membuat KMP Siginjai tidak berani berlayar.

Pengelola moda transportasi laut yang melayani rute Jepara- Karimunjawa dan sebaliknya ini mengalami kerugian jutaan rupiah. Pada awal cuaca buruk melanda Laut Jawa, KMP Siginjai milik pemerintah itu telah kehilangan belasan trip . Jumlah ini bisa saja bertambah jika cuaca buruk ini terus melanda Perairan Jepara-Karimunjawa dalam beberapa pekan mendatang.

Kepala PT ASDP Indonesia Fery (Persero) Cabang Jepara Zulkifli menerangkan, pihaknya jika sehari tak berlayar menanggung kerugian sekitar Rp18 juta-Rp20 juta. Meskipun tak beroperasi, berbagai biaya tetap harus dikeluarkan, seperti biaya perawatan, keselamatan, biaya operasional maupun gaji kru kapal. Ini termasuk juga potensi keuntungan yang hilang akibat kapal tidak berlayar “Ibaratnya Anda bisnis angkutan umum. Kalau angkot tidak jalan, Anda pasti rugi. Kalau kapal ruginya lebih besar lagi,” ungkapnya kemarin.

Menurut Zulkifli, pihaknya tetap memprioritaskan keselamatan penumpang, awak kapal, dan KMP Siginjai. Praktis, jika kondisi cuaca memang tidak memungkinkan, pihaknya tidak akan memberangkatkan kapal. “Itu yang paling utama. Kalau cuaca membaik dan dapat izin dari pihak syahbandar maka akan langsung ope-rasikan lagi,” ucap Zulkifli .

Syahbadar Jepara Yuniarsono mengatakan bahwa pihaknya tidak mengeluarkan SIB lantaran kondisi Laut Jawa memang tidak memungkinkan untuk dilakukan pelayaran. Ketinggian gelombang di Perairan Karimunjawa antara 2-2,7 meter, sedangkan di Perairan Jepara 2-2,5 meter. Mengenai kecepatan angin bisa mencapai 20 knot.

Muhammad Oliez
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5759 seconds (0.1#10.140)