UMY Langganan GelarGreen Campus

Senin, 19 Januari 2015 - 09:46 WIB
UMY Langganan GelarGreen Campus
UMY Langganan GelarGreen Campus
A A A
SEBAGAI kampus dengan visi Unggul dan Islami, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berupaya untuk mencapai “World Class University” atau Universitas Kelas Dunia yang mengembangkan pendidikan, riset, pengabdian masyarakat dan pendidikan karakter dalam bidang lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Rektor UMY Prof Bambang Cipto MA menyatakan komitmennya untuk menjadi kampus bertaraf dunia dengan pengembangan lingkungan secara berkelanjutan. Terkait visi tersebut, UMY hingga 2018 telah mencanangkan program perkembangan lingkungan kampus hijau dan ramah lingkungan.

Tak heran jika kemudian UMY mendapatkan penghargaan "Green Campus" selama tiga tahun berturut-turut yaitu pada 2012 dengan penghargaan dengan tema “Green Kampus”, tema “Energi Terbarukan“ pada 2013, dan kembali mendapat penghargaan dengan teman “Green Kampus” pada 2014 dalam ajang Indonesia Green Awards(IGA) yang diselenggarakan The La Tofi School of Corporate Social Responsibility.

”Hal ini merupakan langkah nyata UMY dalam mencapai target-target berkelanjutan dengan pengembangan lingkungan yang berkelanjutan,” ungkap Bambang Cipto. Komitmen menjadiWorld Class Universitydan Modern dengan pengembangan lingkungan yang berkelanjutan tersebut berawal dari penetapan UMY sebagai kawasan “Green Campus” dan program “Go Green” pada 2011 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor UMY No. 53a/SK-UMY/V/2011 tentang Pencanangan Green Campus dan Penetapan Zona Hijau.

Menurut Wakil Rektor I Dr Gunawan Budiarto MP bahwa tujuan dari Penetapan UMY sebagai kawasan Green Campus adalah dengan mengembangkan kegiatan akademik dalam upaya menciptakan pemikiran, gagasan, dan pengembangan pendidikan berwawasan pembangunan serta pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

“Sebenarnya tujuan kami mencanangkan untuk menjadi Green Campusadalah dengan mendorong pengembangan kegiatan akademik dan juga membangun pemikiran-pemikiran kepada seluruh mahasiswa, dosen, dan karyawan,” tandasnya.

Muh Fauzi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6992 seconds (0.1#10.140)