REI Jateng Target Bangun 8.200 Rumah MBR

Jum'at, 16 Januari 2015 - 12:57 WIB
REI Jateng Target Bangun 8.200 Rumah MBR
REI Jateng Target Bangun 8.200 Rumah MBR
A A A
SEMARANG - DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah menargetkan membangun 8.200 rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di provinsi ini melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Ketua DPD REI Jateng MR Prijanto mengatakan, saat ini jumlah backlock atau kebutuhan rumah di Jateng masih cukup tinggi, yakni lebih dari 400.000 unit. Jumlah tersebut terus bertambah setiap tahun. “Kebutuhan rumah di Jateng khususnya untuk MBR masih cukup besar. Dan tahun ini kami mengusulkan 8200 unit rumah yang diharapkan mendapatkan FLPP,” katanya di saat pembukaan pameran REI Expo I tahun 2015 di Mal Ciputra, Semarang kemarin.

Oleh karena itu, supaya jumlah yang diusulkan dapat terpenuhi, DPD REI mengharapkan adanya kemudahan terutama dalam hal perizinan. Selain itu, ada beberapa program yang tengah dicanangkan oleh REI di antaranya menggandeng Pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan.

Pihaknya menggandeng pemerintah karena kebutuhan rumah bagi PNS juga masih cukup tinggi karena 80% PNS adalah MBR sehingga perlu digalakan rumah bagi PNS. Selain itu, juga untuk buruh. Untuk buruh, uang mukanya bisa menggunakan BPJ Ketenagakerjaan. “Semua ini kami galakan. Nanti juga akan ada program perumahan bagi pekerja nonformal dengan sistem angsuran yang lebih ringan bisa harian atau mingguan,” ungkapnya.

Meski demikian, program yang digalakan, tidak akan bisa tercapai tanpa adanya bantuan dari pemerintah. Oleh karena itu, REI Jateng berharap pemerintah memberikan stimulus kepada kalangan pengembang perumahan. Stimulus yang diharapkan, di antaranya dengan menaikkan harga rumah yang mendapatkan FLPP.

Hal ini dikarenakan harga material untuk bangunan juga mengalami kenaikan. Saat ini harga rumah FLPP untuk wilayah Jateng senilai Rp105 juta, REI berharap bisa naik antara 10-20%. “Selain itu, kami berharap pemerintah juga memberikan kemudahan soal perizinan,” ujarnya.

Terkait dengan Pameran REI Expo I 2015, DPD REI Jateng menargetkan transaksi mencapai Rp60 miliar. “Mulai pameran kali ini harga rumah sudah menggunakan harga baru,” ujar Wakil Ketua REI Jateng Bidang Promosi, Humas, dan Publikasi Dibya K Hidayat.

Andik Sismanto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5083 seconds (0.1#10.140)