Enam Warga Bone Keracunan Seusai Santap Jamur

Jum'at, 16 Januari 2015 - 08:59 WIB
Enam Warga Bone Keracunan Seusai Santap Jamur
Enam Warga Bone Keracunan Seusai Santap Jamur
A A A
WATAMPONE - Enam warga Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, keracunan seusai menyantap jamur payung yang dicampur dengan jantung pisang. Keenam warga tersebut langsung dilarikan ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis lantaran pusing, mual, dan muntah-muntah. Bahkan, seorang di antaranya muntah darah.

Enam orang yang keracunan itu adalah warga Dusun Lappa Cinennung, Desa Cinennung, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Mereka adalah Andi Sosso, Andi Bonewati, Hasnianti, Andi Andri, Syamsiah, dan Suhardi.

Keenam warga yang keracunan tersebut langsung dilarikan ke Puskesmas Cina, Kelurahan Tanete, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, untuk mendapatkan perawatan medis.

Kejadian tersebut berawal saat Andi Bonewati memasak sayur jamur payung yang diambil di samping rumahnya, kemarin. Jamur tersebut tumbuh pada batang pisang.

Sayur yang telah dimasak Andi Bonewati tersebut kemudian disantapnya bersama keluarganya, Andi Sosso, Hasnianti, dan Andi Andri. Bahkan, Andi Bonewati juga memberikan sayur tersebut pada tetangganya yang bernama Syamsiah.

Selang dua jam usai menyantap makanan tersebut, anak Syamsiah bernama Suhardi mengeluh pusing, keringat dingin, dan muntah-muntah, sehingga Syamsiah langsung melarikan anaknya ke Puskesmas Cina. Namun, saat mengantar anaknya, Syamsiah pun ikut pusing, mual, dan muntah sehingga dirinya juga langsung mendapat perawatan di puskesmas yang sama.

Tak lama kemudian menyusul keluarga Andi Bonewati, suaminya (Andi Sosso), anak dan menantunya (Andi Andri dan Hasnianti).

Andi Bonewati yang memasak sayur jamur tersebut mengatakan bahwa dia sangat kaget ketika mendengar tetangganya Syamsiah dan anaknya keracunan sayur jamur yang dia berikan. Padahal jamur yang dia ambil di samping rumahnya yang tumbuh di batang pisang tersebut kerap dia masak.

Sementara, Syamsiah mengaku tidak menyangka jika sayur jamur yang enak dan pertama kali dimakannya itu membuat dia dan anaknya keracunan. Bahkan, dia sangat kaget karena anaknya, Suhardi, sempat muntah darah akibat keracunan sayur jamur tersebut.

Suster Puskesmas Cina, Leli, mengaku merawat enam warga yang keracunan jamur, satu di antaranya sempat dirujuk ke RSU Tenriawaru, Bone, karena muntah darah.

Sementara, Kapolsek Cina AKP Erwin mengatakan akan melakukan penyelidikan walau dia mengaku sedikit kesulitan dalam penyelidikan tersebut lantaran sisa makanan dan alat-alat yang telah dipakai sudah dibersihkan oleh korban.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3002 seconds (0.1#10.140)