Perpustakaan Sumut Mulai Dibuka

Kamis, 15 Januari 2015 - 13:07 WIB
Perpustakaan Sumut Mulai Dibuka
Perpustakaan Sumut Mulai Dibuka
A A A
MEDAN - Setelah tiga bulan lebih Perpustakaan Daerah Sumatera Utara (Sumut) menutup pelayanan lantaran renovasi gedung, kini perpustakaan yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Medan Nomor 45 ini mulai aktif membuka pelayanannya kepada pengunjung.

Perpustakaan ini juga sudah mulai melayani peminjaman buku dan pengurusan kartu anggota. “Perpustakaan sudah mulai dibuka sejak Senin (12/ 1). Aktivitas sudah mulai normal, peminjaman dan pengurusan kartusudahbisa. Pengunjungsudah mulai datang.,” kata Kepala Badan Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Sumut, Hasangapan Tambunan, Rabu (14/1).

Dengan dibukanya pelayanan pengunjung tersebut, Hasangapan berharap warga semakin ramai berkunjung ke perpustakaan ini. Ke depan, pelayanan pengunjung semakin ditingkatkan dan fasilitas yang diberikan benar-benar memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang datang. Saat ini, gedung baru yang menyedot anggaran sebesar Rp17.988.646.663, tinggal finishing.

Selain itu, dia berharap Perpustakaan Sumut bisa berdaya saing dengan perpustakaan yang ada di Indonesia dan bisa menjadi contoh. Karena masih dalam pembersihan dan penataan, perpustakaan dibuka pukul 07.00– 17.00 WIB Senin–Jumat; dan Pukul 09.00–15.00 WIB pada Sabtu dan Minggu.

Lebih lanjut, dia ingin memanjakan masyarakat dengan membuka hingga 24 jam. Dengan demikian, masyarakat bisa leluasa menggunakan fasilitas perpustakaan. Tentu pembukaan perpustakaan tersebut dengan fasilitas informasi teknologi yang canggih dan lengkap. “Selama ini kita selalu buka hingga malam. Tapi rencananya nanti akan buka 24 jam dengan fasilitas komputer dan Wi-Fi gratis,” ujarnya.

Salah satu pengunjung, Heriati, 23, mengatakan, senang dengan mulai dibukanya pelayanan perpustakaan. Kata dia, fasilitas penunjang seperti internet di Perpustakaan Sumut belum hidup sehingga dirinya hanya bisa mencari buku-buku sebagai bahan tugas akhir.

Irwan Siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7334 seconds (0.1#10.140)