Eldin Apresiasi Seminar MEA 2015

Senin, 12 Januari 2015 - 11:43 WIB
Eldin Apresiasi Seminar MEA 2015
Eldin Apresiasi Seminar MEA 2015
A A A
MEDAN - Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengapresiasi seminar Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 yang dibuka Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Gatot Pujo Nugroho, di Grand Ball Room Hotel JW Marriot Medan, Sabtu (10/1).

Seminar ini digelar untuk mendapatkan masukan dan strategi jitu apa yang akan harus dilakukan dalam menyongsong sekaligus menghadapi era persaingan bebas di antara negara-negara ASEAN tersebut. Dengan demikian, Sumut dan Kota Medan tidak hanya jadi penonton ketika MEA 2015 bergulir.

Mantan Perdana Menteri Malaysia yang pada masa kepemimpinannya dijuluki sebagai Singa Melayu, Yang Amat Berbahagia (YABhg) Tun Dr Mahathir Mohamad diundang sebagai keynote speaker dengan membawakan materi berjudul “Kesiapan Umat Islam Menyongsong MEA”. Selain itu dihadirkan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, sebagai pembicara utama dengan memaparkan materi bertajuk “Revolusi Mental Bidang Pendidikan”.

Seminar ini juga dihadiri Kapolda Sumut, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo; Kajati Sumut, M Yusni; Wagubsu T Erry Nuradi; Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin; Kapolresta Medan, Kombes Pol Nico Afinta; Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan; Wali Kota Binjai, M Idham; serta 500 undangan lainnya. Gubsu menyambut baik digelarnya seminar ini. Apalagi pembicaranya adalah Mahathir Mohamad.

“Mau tidak mau, terpaksa atau sukarela, kita harus siap memasuki era global. Untuk itulah melalui seminar ini kita berharap dapat menerima masukan berharga bagaimana menghadapi MEA yang sudah ada di depan mata,” ujar gubsu.

Selanjutnya, gubsu tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Mahathir yang masih menyempatkan diri hadir sebagai keynote speaker dalam seminar yang dipandu oleh Prof Dr Ilmi Abdullah tersebut. Sebagai tokoh Melayu dan dikenal sebagai pahlawan ASEAN bersama mantan Presiden Soeharto dan bekas Perdana Menteri Singapura, Lee Kwan Yu, sehingga memberikan nilai bargaining position bagi ASEAN di kancah internasional.

Kehadiran Mahathir dapat memberikan motivasi dan masukan menghadapi MEA 2015, terutama bagi umat Islam. Dengan mengusung materi berjudul “Kesiapan Umat Islam Menyongsong MEA”, gubsu berharap Mahathir bisa memberikan masukan berharga kepada umat Islam untuk siap menghadapi era persaingan bebas antarnegara ASEAN.

Gubsu juga menyambut baik materi yang disampaikan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, berjudul “Revolusi Mental Bidang Pendidikan Menyongsong MEA”. Wagubsu, T Erry Nuradi, selaku Ketua PB Ikatan Sarjana Melayu Indonesia (ISMI) juga mengapresiasi digelarnya seminar ini.

Apalagi tokoh Melayu yang terkenal sampai seluruh dunia, Mahathir Mohamad dan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, menjadi pembicara. Seminar ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat Sumut dan bangsa Indonesia.

Sementara Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, seusai seminar mengatakan, seminar yang digelar ini bisa menjadi salah satu motivasi dan kesiapan semua dalam menghadapi MEA 2015 yang telah di depan mata. Kota Medan selaku Ibu Kota Provinsi Sumut sekaligus pintu gerbang Indonesia bagian barat, tentunya harus terus bersiap guna menyongsong era persaingan bebas di antara negara- negara ASEAN tersebut.

“Atas dasar itulah saya menilai seminar ini sangat penting. Kehadiran keynote speaker yang sangat mumpuni yakni Yang Mulia Dr Tun Mahathir Mohamad dan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dapat membuka cara berpikir kita semua tentang MEA yang akan dimulai Desember 2015,” papar Eldin.

Lia Anggia Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4969 seconds (0.1#10.140)