Unissula Perkuat Konten Sains

Rabu, 07 Januari 2015 - 09:19 WIB
Unissula Perkuat Konten Sains
Unissula Perkuat Konten Sains
A A A
SEMARANG - Wakil Rektor III Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Sarjuni menyebutkan, jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) yang berbasis agama dinilai jumlahnya masih sedikit.

Di samping itu pula, PTS-PTS berbasis agama juga belum banyak yang menguatkan konten sains atau ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang disediakan melalui program studi (prodi) di kampus.

“PTS yang berbasis agama diakui masih sebatas pada penguatan (konten) agama. Sementara pada aspek ilmu (iptek/sains) masih kurang. Semestinya antara kedua aspek tersebut harus berimbang, baik pada sisi agama maupun keilmuannya,” ujarnya seusai menerima kunjungan pendidikan dari SMK Bina Mandiri Rembang kemarin.

Sebagai kampus berbasis agama, berusaha menyejajarkan dan menyeimbangkan antara pendidikan akhlak dan ilmu pengetahuan umum. sebagai universitas berbasis Islam tertua kedua di Indonesia setelah Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta memiliki keunggulan spesifik antara lain mengedepankan budaya akademik islami dalam semua proses pendidikannya sejak 2005.

‘’Unissula memiliki 12 fakultas unggulan dengan 36 program studi dari jenjang D-3, S-1, S-2, dan S-3. Unissula juga punya komitmen pengembangan seni budaya Islam. Alhamdulillah minat kuliah di Unissula semakin meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, rombongan dari SMK Bina Mandiri Rembang yang dipimpin oleh pihak kepala sekolah Subandi terdiri atas dua jurusan berbeda, yakni jurusan farmasi dan keperawatan.

“Kunjungan ini terkait dengan program kunjungan industri, sebelum melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL). ‘Setelah kunjungan ini mereka akan PKL di sejumlah rumah sakit, apotek- apotek, dan industri farmasi maupun jamu,’’ ungkapnya.

Susilo Himawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7283 seconds (0.1#10.140)