Gunung Soputan Meletus

Selasa, 06 Januari 2015 - 12:10 WIB
Gunung Soputan Meletus
Gunung Soputan Meletus
A A A
JAKARTA - Gunung Soputan yang berjarak sekitar 50 kilometer di sebelah barat daya-selatan Kota Manado, dan berjarak sekitar 12 kilometer di sebelah timur laut Kota Tombatu, kabupaten Minahasa Tenggara, dikabarkan meletus.

"Letusan memiliki tekanan kuat," kata Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, kepada wartawan, Selasa (6/1/2015).

Ditambahkan dia, berdasarkan hasil pengamatan visual Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMNG), letusan berwarna kelabu tebal kehitaman dan bertekanan kuat dengan ketinggian mencapai 6.500 meter di atas puncak gunung.

"Saat letusan terjadi, kondisi angin condong ke arah timur-tenggara. Sementara aliran lava mengarah ke lereng Barat-Barat daya atau sekitar 2000 m dari puncak Gunung Soputan," terangnya.

Dia melanjutkan, pihaknya telah memberlakukan status Siaga Level 3 untuk radius steril 6,5 km dari puncak Gunung Soputan. Namun begitu, warga belum diimbau untuk mengungsi. Aktivitas warga di lereng gunung juga masih berlangsung biasa.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1006 seconds (0.1#10.140)